Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri

Asmaul, Khusna (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri” ini ditulis oleh Asma’ul Khusna, NIM. 3217113013, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh. Arif, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS), Hasil Belajar IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri masih cenderung pasif. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang menekankan peserta didik untuk mencari atau menemukan pengetahuaanya sendiri. Aktifitas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Raudlatut Tholabah cenderung di dominsai oleh guru, peserta didik cenderung pasif, guru kurang melibatkan siswa sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satu alternatif yang dapat dipakai adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang membantu keaktifan dan kreativitas peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS). Berdasarkan pada latar belakang diatas maka rumusan masalah yang timbul dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dalam pembelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri tahun ajaran 2014/2015? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) mampu meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan peristiwa alam siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri tahun ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dalam pembelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri tahun ajaran 2014/2015. (2) Mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) mampu meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan peristiwa alam siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri yang terdiri atas 19 peserta didik laki – laki dan 16 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPA siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon siswa, keadaan siswa dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) , hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi peristiwa alam. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata siswa 23,71 dengan prosentase ketuntasan 0%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 67,42 dengan prosentase ketuntasan 34,28% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,57 dengan prosentase ketuntasan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd. Asma'ul Khusna
Date Deposited: 26 Nov 2015 06:11
Last Modified: 26 Nov 2015 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item