PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 1 TULUNGAGUNG

MAISYA AINAYA, 12201183040 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Maisya Ainaya, NIM 12201183040, pembimbing Dr. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Intrinsik, Motivasi Belajar Ekstrinsik Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi saat ini yakni tentang keadaan motivasi belajar pada diri peserta didik, dimana tinggi rendahnya motivasi belajar akan berdampak pada kualitas peserta didik. Pendidikan inilah bentuk usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk mengembangkan potensi manusia lain atau dengan menanamkan nilai-nilai yang dimiliki kepada orang lain melalui proses pengajaran dan pelatihan. Motivasi dari guru dengan kompetensi profesional yang dimiliki akan mempermudah seorang guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil kerjanya. Motivasi yang kuat akan menciptakan kinerja yang baik dari seorang guru, dalam melaksanakan tugas secara efektif dan efisien. Kompetensi yang dimiliki seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik yang bermutu maka akan menentukan tinggi rendahnya perolehan hasil peserta didik. Maka dari itu pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan guna meningkatkan kualitas pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh signifikan kompetensi profesional guru mata pelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar intrinsik peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (2) untuk mengetahui pengaruh signifikan kompetensi profesional guru mata pelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar ekstrinsik peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. (3) untuk mengetahui pengaruh signifikan kompetensi profesional guru mata pelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode documenter. Metode kuesioner digunakan untuk mendapatkan data dari kompetensi profesional guru, motivasi belajar intrinsik, dan motivasi belajar ekstrinsik. Sedangkan metode documenter adalah metode yang digunakan sbagai sumber informasi untuk mendapatkan data peserta didik. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Linierlitas, dan Uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru mata pelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar intrinsik peserta didik. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,851 > 0,05. (2) tidak terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru mata pelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar ekstrinsik peserta didik. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0, 540 > 0,05. (3) terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru mata pelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik peserta didik. Hal tersebut dilihat dari nilai sig. yang diperoleh lebih besar dari taraf signifikansi 5% yaitu 0,000 < 0,05 dan 0,794 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183040 MAISYA AINAYA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:36
Last Modified: 19 Jul 2022 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27663

Actions (login required)

View Item View Item