PERAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Usaha Tempe Bu Naten Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir)

NABELA DURROTUN NASIKAH, 12402173656 (2022) PERAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Usaha Tempe Bu Naten Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Home Industry dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Usaha Tempe Bu Naten Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir)” ini ditulis oleh Nabela Durrotun Nasikah, NIM.12402173656, pembimbing Lativa Hartiningtyas, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin meledaknya sumber daya manusia dan semakin menyempitnya lapangan pekerjaan. Hal ini menuntut masyarakat untuk mendirikan usaha kecil dalam meningkatkan ekonomi pribadi dan masyarakat. Disamping itu dengan didirikannya industry kecil akan menciptakan lapangan pekerjaan dalam upaya mengurangi semakin meledaknya pengangguran. Hal ini memicu pertanyaan seberapa besar dampak dan peran suatu usaha home industri dalam meningkatkan pendapatan pribadi dan masyarakat, serta dalam upaya membantu pemerintah dalam membuka lapangan pekerjaan. Home Industri sendiri merupakan wadah bagi sebagian besar masyarakat yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan memberikan andil besar serta menduduki peran strategis dalam pembangunan ekonomi. Salah satu home industri tersebut adalah Usaha Tempe Bu Naten Desa Ngubalan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peran home industry dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 2) untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam tentang peran home industry dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 3) untuk mengetahui kendala dan solusi home industry dalam meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang bersumber dari pemilik home industry yaitu Bu Naten, sehingga data yang telah diperoleh kemudian dianalisis. Tekhnik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) dengan adanya home industry belum cukup berperan banyak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena masih menggunakannya peralatan yang sederhana proses produksi. Home Industry tempe berperan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga pemilik home industry dilihat dari adanya peningkatan pendapatan. Namun, belum berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Ngubalan karena tidak dapat menyerap banyak tenaga kerja. 2) Home industry tempe milik Bu Naten dijalankan sesuai nilai-nilai Islam dilihat dari segi modal, bahan baku, cara pembuatan dan cara pemasaran. 3) Adapun kendala yang terjadi yaitu persaingan pasar dan solusinya adalah memperluas pemasaran serta mengikuti perkembangan zaman, dengan memasarkan produk melalui marketplace. Kata kunci : Home Industry, Kesejahteraan Masyarakat, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173656 Nabela Durrotun Nasikah
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:33
Last Modified: 20 Jul 2022 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27798

Actions (login required)

View Item View Item