KEPUTUSAN ORANG TUA MENIKAHKAN ANAK USIA DINI PADA SEKOLAH ONLINE (Studi Kasus di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)

M FAIZ ABDUL GHOFUR, 12102183162 (2022) KEPUTUSAN ORANG TUA MENIKAHKAN ANAK USIA DINI PADA SEKOLAH ONLINE (Studi Kasus di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

M Faiz Abdul Ghofur, 12102183162, Skripsi yang berjudul Keputusan Orang tua Menikahkan Anak Usia Dini Pada Sekolah Online Dalam Tinjauan Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pembimbing: Dr. H. Nur Effendi, M. Ag Kata Kunci: Keputusan Orang Tua, Pernikahan, Anak Usia Dini, Sekolah Online, Hukum Islam Latar belakang penelitian ini mengacu pada fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat semenjak munculnya wabah virus Covid-19. Hal ini mempengaruhi kebiasaan serta keputusan masyarakat terkait penilaian pada suatu kasus yang terjadi. Terlebih di masa pandemi dampak negatif dari salahnya pergaulan juga cukup menjadi fenomena intens yang harus didalami oleh orang tua. Meningkatnya intensitas pernikahan anak usia dini di masa pandemi juga akibat kerentanan ekonomi keluarga hingga pengawasan orang tua yang minim serta beberapa kekhawatiran tentang pelanggaran normal agama dan susila di kalangan masyarakat. Fokus penelitian dalam keputusan orang tua menikahkan anak diusia dini pada sekolah online dalam tinjauan hukum islam di Kecamatan besuki kabupaten tulungagung dimasa pandemi semakin tinggi meliputi (1) untuk mengetahui bagaimana dampak peningkatan pernikahan usia dini pada sekolah online? dan (2) Bagaimana sikap orang tua menikahkan anak usia dini pada sekolah online dalam tinjauan hukum islam?. Sedangkan penelitian ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan dampak peningkatan pernikahan usia dini pada sekolah online. (2) Mendeskripsikan sikap orang tua menikahkan anak usia dini pada sekolah online dalam tinjauan hukum islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian berada di Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam dan teknik studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan selama proses penelitian. Dapat diketahui bahwa berikut beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pernikahan anak di usia dini ketika masa pandemi akan meningkatkan kemiskinan dan meningkatkan permasalah sosial karena kurangnya persiapan yang matang untuk melewati fase pernikahan dan (2) respon orang tua yang akan menikahkan anaknya di usia dini tentunya harus mengetahui persyaratan dasar dalam hukum. Fakta yang menyatakan mereka tidak hanya harus menyelesaikan pubertas tetapi juga memiliki kedewasaan penuh untuk mengenali dan dapat memenuhi hak kewajibannya dalam pernikahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Peradilan Islam > Orang Tua
Peradilan Islam > Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183162 M Faiz Abdul Ghofur
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:47
Last Modified: 20 Jul 2022 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27844

Actions (login required)

View Item View Item