PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI PLUS AL-AZHAR WLINGI

JAYANTI VIVI WULANDARI, 12205183024 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI PLUS AL-AZHAR WLINGI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti beranggapan untuk menggunakan multimedia interaktif yang diharapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar dari peserta didik. Rumusan dalam skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Plus Al-Azhar Wlingi?, 2) Adakah pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Plus Al-Azhar Wlingi?, 3) Adakah pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Plus Al-Azhar Wlingi? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Plus-Al-Azhar Wlingi. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang terdapat dalam populasi dan anggota populasi dianggap homogen, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Plus Al-Azhar Wlingi. Hal ini dilihat dari T hitung 5.956 dan Sig.(2-tailed)adalah 0.000. karena t hitung > t tabel atau 5.954 > 1.675 dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar IPA di MI Plus Al-Azhar Wlingi. Hal ini dilihat dari dari T hitung 4.101 dan Sig.(2-tailed) adalah 0.000. karena t hitung > t tabel atau 4.101 > 1.675 dan Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Plus Al-Azhar Wlingi. Hal ini dilihat dari Sig.(2-tailed) < nialai probability yaitu 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183024 JAYANTI VIVI WULANDARI
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:03
Last Modified: 02 Aug 2022 01:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item View Item