Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs Pada MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek)

Nurul, Hidayah, NH (2015) Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs Pada MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I TESIS.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TESIS.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKANdocx.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat penelitian.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul” Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs di MI Muhammadiyah Salamrejo Karangan Trenggalek)” ini ditulis oleh Nurul Hidayah dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd dan Dr. Ngainun Na’im, M.H.I. Kata Kunci: Strategi Peningkatan Mutu, Prestasi Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan harapan atas mutu sistem pembelajaran, terutama mata pelajaran matematika. Matematika merupakan pengetahuan universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah kita sebagai pendidik merencanakan suatu siasat dengan pola perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan dan tindakan pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru secara kontekstual sesuai dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, lingkungan sekitar, termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran tertentu yang dirumuskan dalam rangka peningkatan kualitas mutu pembelajaran. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan peningkatan mutu pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek?; (2) Bagaimana pendekatan peningkatan mutu pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek?; (3) Bagaimana metode dan teknik peningkatan mutu pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek?; (4) Bagaimana evaluasi peningkatan mutu pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek?; (5) Bagaimana perbaikan berkelanjutan peningkatan mutu pembelajaran matematika di MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Muhammadiyah Salamrejo dan MI Thoriqul Huda Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, sumber datanya data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi sumber data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data multi situs yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan peningkatan mutu pembelajaran dilaksanakan dengan perencanaan program, proses, dan evaluasi; (2) Pendekatan peningkatan mutu pembelajaran matematika diantaranya pendekatan analitik, sintetik, deduktif, konstruktivisme, dan berbasis media; (3) Metode peningkatan mutu pembelajaran diantaranya: metode tanya jawab, ekspositori, spiral, discovery, dan laboratorium, sedangkan teknik pembelajarannya: teknik keterlibatan siswa, bernyanyi, menggunakan model, permainan/teka-teki, dan teknik pemecahan masalah ; (4) Evaluasi peningkatan mutu pembelajaran matematika mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan jenisnya adalah sumatif, formatif, dan diagnostik. Tindak lanjut evaluasi berupa remidial dan pengayaan; (5) Perbaikan berkelanjutan harus dilaksanakan oleh lembaga pendidikan dengan melakukan evaluasi diri secara berkala dan menyempurnakan program.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: nurul NH hidayah
Date Deposited: 30 Nov 2015 06:17
Last Modified: 30 Nov 2015 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item