KIFAYAH, 12204183234 (2022) LITERASI MATEMATIS SISWA DILIHAT DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Literasi Matematis Siswa Dilihat Dari Kemampuan Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX MTs N 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Kifayah, NIM 12204183234, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Literasi matematis, Kemampuan Matematika, Bangun Ruang Sisi Lengkung Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya tingkat literasi matematika siswa di Indonesia sebagaimana tercatat di dalam PISA 2018. Indonesia peringkat ke 72 dari 79 negara yang menjadi partisipan. Literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara sistematis serta menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika dalam menjelaskan serta memprediksi fenomena atau kejadian. Literasi matematis setiap siswa berbeda diantaranya karena memiliki kemampuan matematis yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi pada bangun ruang sisi lengkung. (2) untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika sedang pada bangun ruang sisi lengkung. (3) untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan matematika rendah pada bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subyek dalam penelitian ini siswa MTs N 8 Tulungagung yang berjumlah 6 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) literasi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi mampu merumuskan masalah, menggunakan konsep, menafsirkan solusi dan mengevaluasi hasil. (2) literasi matematis siswa berkemampuan matematika sedang mampu merumuskan masalah, menggunakan konsep dan menafsirkan solusi. (3) literasi matematis siswa berkemampuan rendah hanya menggunakan konsep.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183234 kifayah |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28018 |
Actions (login required)
View Item |