NASIKHATUN NAFILA, 12207183028 (2022) MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN KELAS 11 IPA 4 DI MAN 2 MOJOKERTO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Kelas 11 IPA 4 di MAN 2 Mojokerto”, yang terletak di ds. Japan kec. Sooko kab. Mojokerto yang ditulis oleh Nasikhatun Nafila, NIM 12207183028, Pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag., Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Keberhasilan belajar siswa di kelas, disamping dapat mempengaruhi faktor proses pembelajaran juga dipengaruhi oleh faktor manajemen kelas. Dalam manajemen kelas mencakup kondisi kelas, keterampilan guru mengajar, tata kelola lingkungan fisik kelas, dan fasilitas yang memadai. Sering terjadinya masalah kelas yang menantang yang bersumber dari kelas itu sendiri maka diperlukan kegiatan manajemen kelas yang terencana, tepat, dan sistematis. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen kelas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran kelas 11 IPA 4. 2) Mendeskripsikan implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran kelas 11 IPA 4. 3) Mendeskripsikan evaluasi manajemen kelas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran kelas 11 IPA 4. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas sesuai dengan proses yang terjadi di lapangan. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan manajemen kelas di kelas 11 IPA 4 sudah berjalan dengan baik, guru sudah menyiapkan bahan ajar secara matang juga dengan membuat RPP, silabus, promes, dan prota menyesuaikan dengan kondisi madrasah. 2) Implementasi manajemen kelas yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IPA 4 dengan cara merolling tempat duduk siswa setiap 2 minggu sekali dan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dengan cara membentuk formasi tempat duduk yang bermacam-macam. 3) Evaluasi manajemen kelas yang dilakukan guru yaitu dengan mangadakan evaluasi di akhir pembelajaran dan evaluasi melalui nilai belajar siswa pada ulangan harian, mid semester, semester akhir, dan evaluasi tingkah laku siswa yang nantinya akan dijadikan guru mata pelajaran sebagai tolak ukur pada pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183028 NASIKHATUN NAFILA |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28028 |
Actions (login required)
View Item |