EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PEMBUATAN KRAWANGAN DI RUMAH PRODUKSI KRAWANGAN VARIASI BETON KEDIRI

M. ALI IMRON HAMZAH, 12204183232 (2022) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PEMBUATAN KRAWANGAN DI RUMAH PRODUKSI KRAWANGAN VARIASI BETON KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Eksplorasi Etnomatematika pada Pembuatan Krawangan di Rumah Produksi Krawangan Variasi Beton Kediri” ini ditulis oleh M. Ali Imron Hamzah, NIM. 12204183232, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Etnomatematika, Matematika, Budaya, Krawangan Pembelajaran matematika di sekolah yang dirasa terlalu formal dan teoritis serta kurang bervariasi dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam mempelajari matematika. Untuk itu diperlukan alternatif pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan konsep matematika yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal atau budaya mereka sendiri. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan pendekatan etnomatematika sebagai awal dari pengajaran matematika formal yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Maka dari itu kehadiran matematika yang bernuansa budaya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas matematika berupa membilang, mengukur, dan menghitung pada pembuatan krawangan. (2) Mengetahui penerapan konsep matematika geometri dan transformasi geometri dalam pembuatan krawangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam pembuatan krawangan di rumah produksi krawangan Variasi Beton Kediri terdapat aktivitas matematika yaitu aktivitas membilang saat menentukan banyaknya alat dan bahan yang diperlukan, membilang satuan-satuan dalam matematika seperti centimeter, meter, dan liter. Aktivitas mengukur terlihat saat proses menentukan ukuran krawangan, mengukur spons yang akan dipotong untuk dijadikan cetakan krawangan dan mendesain pola krawangan. Selajutnya aktivitas menghitung terlihat ketika menentukan banyaknya pola yang harus dibuat dari memotong spons, menghitung waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan krawangan, menghitung kebutuhan material dan menghitung harga jual serta laba dari penjualan krawangan. (2) Terdapat konsep matematika geometri berupa titik, garis, bidang dan ruang, serta konsep transformasi geometri berupa translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183232 M. ALI IMRON HAMZAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:44
Last Modified: 21 Jul 2022 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28070

Actions (login required)

View Item View Item