LISA NADA AMELIA, 17205163277 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius pada Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Lisa Nada Amelia, NIM. 17205163277, dibimbing oleh Suwanto, M.S.I Kata Kunci : Strategi Guru, Nilai-Nilai Religius, dan Pembelajaran Akidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Pendidikan dalam islam dimana pendidikan tersebut merupakan tempat dan posisi yang sangat tinggi, karena melalui pendidikan orang dapat memperoleh ilmu dan dengan ilmu orang dapat mengenal Tuhannya, mencapai ma‟arifatullah. “pendidikan islam dalam hal ini, merupakan salah satu wujud upaya untuk menanamkan dan mengembangkan ajaran islam. Hal ini membantu untuk membentuk tingkah laku atau akhlak yang mulia agama menetapkan bahwa “pendidikan akhlak adalah jiwa pendidikan islam. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius sopan santun pada pembelajaran akidah akhlak siswa di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius beriman pada pembelajaran akidah akhlak siswa di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) Apasaja faktor penghambat dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai religius sopan santun dan beriman pada pembelajaran akidah akhlak siswa di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mediskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius sopan santun, beriman, dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai religius sopan santun dan beriman pada pembelajaran akidah akhlak siswa di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius sopan santun pada pembelajaran akidah akhlak peserta didik. Di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung adalah selalu memberikan wejangan atau nasehat kepada peserta didik utamanya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Memberikan teladan kepada seluruh peserta didik, seperti apa yang dicontohkan oleh bapak ibu guru pada saat mengajar berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan. Membudayakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) kepada semua warga sekolah, setiap hari ketika sampai di madrasah. Ketika akan masuk kelas dan waktu pulang sekolah berjabat tangan dengan para guru. Dan memberikan peringatan bahkan hukuman kepada peserta didik, jika ada peserta didik yang ketahuan melanggar peraturan maka guru memberi tindakan yaitu bemberi point yang dapat mengurangi nilai harian mereka. (2) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius beriman pada pembelajaran akidah akhlak peserta didik.Di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung adalah dengan melakukan pembiasaan seperti berdoa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, lalu pembiasaan rutinan infaq, dan supaya memperkuat iman dan menanamkan rasa cinta mereka kepada Allah SWT. Pembiasaan sholat berjamaah baik sholat dhuha maupun sholat dhuhur. Kegiatan PHBI ini dilaksanakan agar peserta didik dapat mempelajari ajaran agama islam dan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap agama islam. Contohnya peserta didik diajari untuk saling memberi, saling membantu kepada teman yang kekurangan dengan cara bersedekah. (3) Faktor Penghambat Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai religus ada 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal merupakan faktor yang terdapat dalam sekolah itu sendiri dan faktor eksternal yang terdapat dalam keluarga. Alokasi waktu jam pelajaran akidah akhlak yang sedikit juga termasuk salah satu faktor penghambat dalam menanamkan nilai religius. Faktor penghambat adalah kurangnya alokasi waktu pada mata pelajaran akidah akhlak, faktor keluarga, dan faktor peserta didik itu sendiri. Sehingga menghambat dalam proses menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163277 LISA NADA AMELIA |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28078 |
Actions (login required)
View Item |