TINJAUAN SIYASAH SYAR'IYAH TERHADAP UPAYA KESEHATAN JIWA BAGI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI KABUPATEN MADIUN)

RISKA RAHMAWATI, 12103183001 (2022) TINJAUAN SIYASAH SYAR'IYAH TERHADAP UPAYA KESEHATAN JIWA BAGI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (STUDI KASUS DI KABUPATEN MADIUN). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Tinjauan Siyasah Syar’iyah Terhadap Upaya Kesehatan Jiwa Bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kabupaten Madiun” ini ditulis oleh Riska Rahmawati, NIM 12103183001, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2022, dibimbing oleh Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Kata Kunci: Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), siyasah syar’iyyah, upaya kesehatan jiwa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Madiun. Upaya kesehatan jiwa yang belum merata dan belum maksimal adalah isu yang menarik untuk dikaji menggunakan tinjauan siyasah syar’iyyah. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya kesehatan jiwa bagi orang dengan gangguan jiwa di Kabupaten Madiun? 2) bagaimana tinjauan siyasah syar’iyah terhadap upaya kesehatan jiwa di Kabupaten Madiun? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan upaya kesehatan jiwa bagi ODGJ di Kabupaten Madiun. 2) Menganalisis tinjauan fikih siyasah syar’iyah terhadap upaya kesehatan jiwa bagi ODGJ di Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kabupaten Madiun dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, kader kesehatan jiwa dan Dinas Sosial Kabupaten Madiun. Upaya kesehatan bagi ODGJ dilakukan secara terstruktur melalui upaya promotif, upaya preventif, upaya kuratif, dan upaya rehabilitatif. 2) Tinjauan siyasah syar'iyah terhadap upaya kesehatan jiwa di Kabupaten Madiun terdiri dari: a. Upaya promotif kesehatan jiwa yang belum merata tidak sesuai dengan surat al Qashash ayat 35; b. Upaya preventif oleh lembaga kesehatan tanpa melibatkan keluarga serta masyarakat tidak sejalan dengan Surat al Tahrim ayat 6; c. Upaya kuratif yang terhambat dengan keengganan keluarga ODGJ untuk bekerjasama dengan dinas terkait dalam proses pengobatan tidak selaras dengan kaidah menciptakan kemaslahatan dan menolak kemudharatan (jalb al-mashalih wa daf al-mafasid); d. Upaya rehabilitatif yang terhambat dengan penerimaan masyarakat terhadap ODGJ dalam kehidupan sosial tidak sesuai dengan Surat al Nahl ayat 69.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mahasiswa 12103183001 Riska Rahmawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:22
Last Modified: 21 Jul 2022 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28094

Actions (login required)

View Item View Item