PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, EARNING PER SHARE (EPS) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

DYAH AYU KUSUMANINGRUM, 12406183131 (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, EARNING PER SHARE (EPS) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, EARNING PER SHARE (EPS) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Investor menjadikan nilai perusahaan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan investasi. Oleh karena itu, perusahaan akan memaksimalkan kinerja keuangannya untuk membuat nilai perusahaan menjadi baik dan tinggi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruhnya profitabilitas, struktur modal, pertumbuhan penjualan, earning per share serta ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang tercantum pada BEI saat tahun 2016-2020. Populasi penelitian ini sejumlah 63 perusahaan yang tercatat pada sectoral consumer goods, dengan sampel berjumlah 8 perusahaan melalui teknik penentuan sampel purposive sampling. Pemakaian data adalah data sekunder, yaitu data annual report maupun fundamental perusahaan yang ada di aplikasi ipot pada perusahaan sektor barang konsumsi atau sectoral consumer goods. Metode penelitian adalah dengan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya tergolong dalam asosiatif, dan memakai teknik menganalisis data yaitu regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian dalam uji t, didapatkan jika profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan penjualan dan Earning Per Share tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Uji F menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), nilai perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja Keuangan
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12406183131 DYAH AYU KUSUMANINGRUM
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:30
Last Modified: 21 Jul 2022 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item View Item