PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) TERINTEGRASI DENGAN NILAI SAINS DALAM AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA

Faizah Zuhriah, 12212173013 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR (SPU) TERINTEGRASI DENGAN NILAI SAINS DALAM AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Terintegrasi dengan Nilai Sains dalam Al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas X SMA/MA” ditulis oleh Faizah Zuhriah, NIM 1212173013, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Sistem Periodik Unsur (SPU), integrasi sains dalam Al-Qur’an. Keberadaan bahan ajar kimia dengan materi Sistem Periodik Unsur (SPU) yang terintegrasi nilai sains dalam Al-Qur’an saat ini masih sangat terbatas. Umumnya bahan ajar masih terfokus pada materi inti saja dan belum terintegrasi dengan nilai sains dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi SPU terintegrasi dengan nilai sains dalam Al-Qur’an perlu dilakukan. Dengan terciptanya bahan ajar kimia materi Sistem Periodik Unsur (SPU) yang terintegrasi dengan sains dalam Al-Qur’an ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih yaitu membantu peserta didik dalam menambah wawasan mengenai pengetahuan spiritual peserta didik yang tidak hanya mengacu pada ilmu kimia saja, sehingga terdapat keseimbangan antara pengetahuan intelektual dengan pengetahuan spiritual peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar yang digunakan melalui proses validasi oleh ahli media dan materi. (2) Respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan mengisi angket respon peserta didik yang disajikan. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis Research and Development (R&D) sehingga menghasilkan sebuah produk. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Untuk proses penelitian dan pengembangannya meliputi: (1) Analisis kebutuhan (2) Desain bahan ajar (3) Pengembangan bahan ajar (4) Proses validasi oleh ahli materi dan media (5)Revisi produk (6) Uji coba produk. Produk dari penelitian dan pengembangan ini divalidasi oleh tiga validator yaitu satu dosen dan dua guru mata pelajaran dengan menggunakan lembar validasi. Sedangkan respon peserta didik diperoleh dari hasil angket respon peserta didik yang melibatkan 19 peserta didik kelas X dari MA Diponegoro Bandung tahun 2020/2021. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 88,4% dan validasi media sebesar 84,5% yang menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan dari segi materi maupun media; (2) dari hasil uji coba lapangan didapatkan bahwa respon peserta didik sangat baik terhadap pengembangan bahan ajar ini hal tersebut ditunjukkan dari hasil pengisian angket respon peserta didik yang menunjukkan persentase 90% untuk aspek ketertarikan, 92,5% untuk aspek materi dan 92,5% untuk aspek bahasa, sehingga didapatkan rata-rata 91,6% dimana angka tersebut menunjukkan bahwa LKPD materi Sistem Periodik Unsur (SPU) terintegrasi dengan Al-Qur’an sangat layak digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173013 Faizah Zuhriah
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:18
Last Modified: 02 Aug 2022 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28143

Actions (login required)

View Item View Item