PENGARUH KREATIVITAS GURU, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS IV-VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK

-, Idawati (2015) PENGARUH KREATIVITAS GURU, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS IV-VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Idawati. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru, Pemanfaatan Media Pembelajaran, dan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IV-VI Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, Program Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing: (1) Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd (2) Dr. Eni Setyowati, MM Kata kunci: kreativitas, media pembelajaran, pengelolaan kelas, prestasi Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru merupakan salah satu dari faktor ekstrinsik yang dapat memberikan pengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Seorang guru yang mempunyai kreativitas tinggi, mampu menggunakan media dengan baik dan mampu mengelola kelas yang bertujuan menciptakan dan mempertahankan suasana (kondisi) kelas berfungsi menunjang program pengajaran guna meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Kreativitas guru dengan dibekali motivasi mengelola kelas dan pemanfaatan media yang baik merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru, dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kreativitas guru, pemanfaatan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 4) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 5) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru dan pemanfaatan media pembelajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 6) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 7) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? 8) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas guru, pemanfaatan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Kampak yang tersebar dalam 3 Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Berdasarkan data awal, populasi siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak sebanyak 240 siswa. Sampelnya adalah 51 siswa di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Kampak. Teknik samplingnya adalah proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian adalah 1) Kreativitas guru menunjukkan kecenderungan sangat baik yaitu sebanyak 45 atau 88% responden memiliki Kreativitas guru dengan kriteria sangat baik. Pemanfaatan media pembelajaran menunjukkan kecenderungan sangat baik yaitu sebanyak 51 atau 100% responden memiliki pemanfaatan media pembelajaran dengan kriteria sangat baik. Pengelolaan kelas menunjukkan kecenderungan sangat baik yaitu 48 atau 94% responden memiliki pengelolaan kelas dengan kriteria sangat baik, sedangkan prestasi belajar siswa menunjukkan kecenderungan 43 atau 84% memperoleh kriteria baik hal ini menunjukkan prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa sebagian besar di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek telah mencapai ketuntasan yaitu lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan di sekolah yaitu dalam kriteria baik. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2.933 > 1,678), 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dari nilai perolehan t hitung > t tabel (2.089 > 1,678), 4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dari nilai t hitung > t tabel (3.154 > 1,678), 5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dari nilai Fhitung (3.467) > Ftabel (2.802) dan tingkat signifikansi 0,039 < 0,05, 6) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dari nilai Fhitung (6.455) > Ftabel (2.802) dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05, 7) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dari Fhitung (4.134) > Ftabel (2.802), 8) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas guru, pemanfaatan media pembelajaran, dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Kampak kabupaten Trenggalek dibuktikan dari nilai Fhitung (6.059) > Ftabel (2.802).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Ida Idawati idawati
Date Deposited: 30 Nov 2015 02:47
Last Modified: 30 Nov 2015 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item