PENERAPAN INTERPRETASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 35 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN ENTITAS BERORIENTASI NONLABA (Studi Kasus Pada Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Tulungagung)

DITA SILVIA EVIANTI, 12403183029 (2022) PENERAPAN INTERPRETASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NOMOR 35 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN ENTITAS BERORIENTASI NONLABA (Studi Kasus Pada Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Interpretasi Standar Keuangan Nomor 35 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba (Studi Kasus Pada TK. Dharma Wanita Tawing Kecamatan Gondang Tulungagung)” yang ditulis oleh Dita Silvia Evianti, NIM. 12403183029, dengan pembimbing Dianita Meirini, S.A., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku agar para penyedia sumber daya tidak kehilangan kepercayaan terhadap yayasan. Oleh karena itu, yayasan dituntut untuk menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku. Sudah seharusnya TK. Dharma Wanita Tawing menyajikan laporan keuangannya sesuai dengan ISAK No. 35. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk menganalisis penerapan akuntansi organisasi nonlaba pada TK. Dharma Wanita Tawing. 2) Untuk menganalisis penerapan akuntansi organisasi nonlaba pada TK. Dharma Wanita Tawing setelah menerapkan ISAK No. 35. 3) Untuk menganalisis perbedaan akuntansi organisasi nonlaba pada TK. Dharma Wanita Tawing sebelum dan sesudah menerapkan ISAK No. 35. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi , wawancara dan dokumentasi. Sumber data sekunder berupa data catatan kas masuk, penggunaan dana BOP, dan catatan inventaris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laporan keuangan yang diterapkan TK. Dharma Wanita Tawing berbentuk penerimaan dan pengeluaran kas dan laporan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan penggunaan dana BOP. Yayasan hanya membuat laporan keuangan yang dibuat dan di dukung dengan bukti transaksi. Lembaga nonlaba harus menerapkan laporan keuangan sesuai dengan pedoman standar akuntansi yang berlaku yaitu ISAK No. 35. Penyusunan yang baik harus berurutan sesuai siklus akuntansi, setelah itu akan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan ISAK No. 35. Kata Kunci: laporan keuangan, nonlaba, ISAK No. 35.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403183029 DITA SILVIA EVIANTI
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:09
Last Modified: 22 Jul 2022 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28207

Actions (login required)

View Item View Item