PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV (Studi Multisitus Di MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung)

DADING, KHOIRUL ANAM (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IV (Studi Multisitus Di MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI METODE CERITA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Dading Khoirul Anam, NIM. 2845134011, “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Metode Cerita Pada Kegiatan Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas IV (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung)”, Tesis 2015, Program Pascasarjana, Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maftukhin, M.Ag dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci : Metode Cerita, Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Pelaksanaan pendidikan akidah akhlak yaitu pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih cenderung bersifat normatif, teoritis dan kognitif artinya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan satu metode saja, karena guru adalah sebagai fasilitator dan guru juga sebagai salah satu pelaksana pendidikan di sekolah dituntut untuk mampu menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang hidup dan menyenangkan, jadi mengingat hal tersebut perlu adanya variasi metode pembelajaran yang relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Penerapan metode cerita bisa dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam penanaman karakter siswa. Penerapan metode tersebut selain bisa cepat menyentuh di hati para siswa, metode cerita juga membuat siswa tidak akan cepat merasa bosan di dalam kelas, karena dalam metode cerita para siswa akan mengetahui gambaran tentang kisah para Nabi, sifat-sifat para Nabi atau orang-orang terdahulu, yang dapat diambil pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis mereka nantinya. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita dikelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung? (2) Bagaimana proses pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban, dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung? (3) Bagaimana peranan metode cerita dalam pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban, dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk menjelaskan dan mendiskripsikan (1) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita di kelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung. (2) Untuk mengetahui proses pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung. (3) Mengetahui peranan metode cerita dalam pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data situs individu dan analisis data lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas, dependenbilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Langkah-langkah pembelajaran akidah akhlak dengan metode cerita MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung sangat komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) proses pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Busthanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban dan MI Al-Hidayah Demuk Pucanglaban Tulungagung terintegrasi, tidak hanya melalui pemberian materi didalam kelas saja tetapi juga meliputi keteladanan sikap serta kepribadian seorang pendidik, pengkondisian lingkungan sekolah serta pembiasaan untuk selalu berakhlakul karimah. (3) Metode cerita dalam pembelajaran akidah akhlak yang di terapkan memberi peran dalam pembentukan karakter religius pada peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: khoirul anam
Date Deposited: 16 Dec 2015 04:25
Last Modified: 16 Dec 2015 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item