PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PENCANDRAAN KELOMPOK TUMBUHAN PHANEROGAMAE BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

IRMA RISA MEILINDA, 12208183156 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PENCANDRAAN KELOMPOK TUMBUHAN PHANEROGAMAE BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (290kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Tutorial Pencandraan Kelompok Tumbuhan Phanerogamae Bagi Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Irma Risa Meilinda, NIM. 12208183156 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Pencandraan, Pengembangan, Tumbuhan Phanerogamae, Video Tutorial Materi pencandraan tumbuhan merupakan salah satu materi pada mata kuliah Botani Phanerogamae yang dianggap sulit oleh mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan praktik pencandraan tumbuhan karena disebabkan oleh kurang adanya variasi media belajar yang digunakan pada saat proses pembelajaran. Pembelajaran kebanyakan menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Selain itu, kurang tersedianya media belajar yang dibutuhkan juga menjadi faktor penyebab mahasiswa kesulitan mencari sumber belajar. Proses pembelajaran didukung dengan media belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga mahasiswa tidak bosan serta membantu mahasiswa dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa mengemukakan bahwa salah satu media yang dapat digunakan adalah video, karena video menampilkan audio dan visual sehingga dapat menarik perhatian mahasiswa. Hanya saja, video mengenai materi pencandraan tumbuhan belum banyak dikembangkan. Oleh karena itu, penting dilakukannya pengembangan video tutorial pencandraan kelompok tumbuhan phanerogamae yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan video tutorial pencandraan kelompok tumbuhan phanerogamae, (2) mendeskripsikan kelayakan video tutorial pencandraan kelompok tumbuhan phanerogamae, dan (3) mendeskripsikan efektivitas penggunaan video tutorial pencandraan kelompok tumbuhan phanerogamae bagi mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall. Model Borg & Gall ini terdiri dari 10 tahapan dan peneliti melakukan penyederhanaan tahap menjadi 9 tahapan karena keterbatasan waktu dan biaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Tadris Biologi, sedangkan sampel penelitian adalah mahasiswa kelas 4A dan 4B. Metode pengumpulan data berupa angket, dan tes. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Pengembangan video tutorial pencandraan kelompok tumbuhan phanerogamae disusun berdasarkan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg & Gall dengan penyederhanaan 9 tahap mulai dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba awal, revisi hasil uji coba awal, uji coba skala kecil, revisi uji coba, uji coba skala besar, dan revisi produk akhir. Proses penyusunan video tutorial terdiri dari komponen intro, opening yang meliputi apersepsi materi, inti video yang meliputi materi pokok dan closing yang meliputi kesimpulan, (2) Hasil uji kelayakan video tutorial pencandraan tumbuhan phanerogamae didapatkan dari tiga validasi yaitu hasil validasi ahli materi sebesar 79,2% dengan kriteria layak, hasil validasi ahli media sebesar 90,2% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi dosen pengampu mata kuliah Botani Phanerogamae sebesar 82,7% dengan kriteria sangat layak. Rekapitulasi hasil validasi oleh para ahli sebesar 84% dengan kategori sangat layak sehingga dapat disimpulkan video tutorial pencandraan yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media belajar. Selain itu, dilakukan uji kelayakan terhadap instrumen soal oleh ahli pendidikan dan memperoleh hasil sebesar 96% dengan kategori sangat layak sehingga dapat dikatakan bahwa instrumen soal yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, (3) Hasil uji efektivitas penggunaan video tutorial pencandraan tumbuhan phanerogamae dilakukan menggunakan angket tanggapan mahasiswa yang mendapat hasil sebesar 88% dengan kriteria sangat efektif,serta dilakukan uji Independent Sample T-Test dan diperoleh nilai signifikansi 0,004 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga dinyatakan 0,004 < 0,05. Oleh karena hasil signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga hipotesis diterima dengan kesimpulan bahwa video tutorial pencandraan kelompok tumbuhan phanerogamae efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempelajari materi pencandraan tumbuhan phanerogamae.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi > Tumbuhan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183156 IRMA RISA MEILINDA
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:37
Last Modified: 26 Jul 2022 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28253

Actions (login required)

View Item View Item