TINJAUAN SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP PEMENUHAN HAK PENGEMIS ANAK (Studi Kasus di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban)

AGUS VITA DELYA, 12103183029 (2022) TINJAUAN SIYASAH SYAR’IYYAH TERHADAP PEMENUHAN HAK PENGEMIS ANAK (Studi Kasus di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena pengemis anak di berbagai daerah. Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak yang kemudian direvisi pada tahun 2014 menjadi UndangUndang Nomor 35 Tahun 2014, di dalamnya menyebutkan berbagai macam hak anak, salah satunya yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan. Tentunya dengan adanya fenomena pengemis anak tersebut hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh anak sering dipertanyakan. Misalnya dalam hal pendidikan, pengemis yang usianya masih anak-anak bukannya sekolah atau belajar di rumah tetapi malah turun ke jalanan untuk bekerja. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pemenuhanhak pengemis anak di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban? 2).Bagaimana tinjauan siyasah syar’iyyah terhadap pemenuhan hak pengemis anak di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan bagaimana pemenuhan hak pengemis anak di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. 2). Untuk menganalisis tinjauan siyasah syar’iyyah terhadap pemenuhan hak pengemis anak di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pemenuhan hak pengemis anak di Kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban belum sepenuhnya terpenuhi, sehingga belum terlaksana sesuai dengan apa yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak. 2). Dalam pandangan siyasah syar’iyyah, pemenuhan terhadap hak-hak anak adalah suatu kewajiban. Namun masih banyak manusia yang lalai terhadap kewajibannya tersebut. Masyarakat cenderung mengganggap hak-hak yang seharusnya diberikan kepada anak tidak terlalu penting sehingga menyebabkan pemenuhan hak anak tidak berjalan sesuai dengan apa yang disyariatkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183029 AGUS VITA DELYA
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:39
Last Modified: 26 Jul 2022 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28292

Actions (login required)

View Item View Item