ETNOMATEMATIKA KESENIAN REBANA DAN KETERKAITANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

QORI'ATUS SHOLIKAH, 12204183242 (2022) ETNOMATEMATIKA KESENIAN REBANA DAN KETERKAITANNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Etnomatematika Kesenian Rebana dan Keterkaitannya pada Pembelajaran Matematika” ini ditulis oleh Qori’atus Sholikah, NIM. 12204183242, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Etnomatematika, Kesenian Rebana, Pembelajaran Matematika Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari di berbagai jenjang sekolah yang sering dianggap siswa sebagai permasalahan yang sulit untuk dipelajari. Matematika memiliki konsep yang abstrak sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Dalam hal tersebut peran guru sangat penting untuk membantu pemahaman siswa dalam mempelajari konsep matematika. Salah satu cara dengan mempraktekkan pendekatan etnomatematika pada pembelajaran, etnomatematika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana matematika diadaptasi dari sebuah budaya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas etnomatematika pada kesenian rebana, 2) Untuk mengetahui konsep geometri dan aritmatika pada kesenian rebana, dan 3) Untuk mengetahui peranan kesenian rebana dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian etnografi. Subjek penelitian ini adalah pengrajin rebana dan pelatih tim sholawat Madrasah Tarbiyatul Ulum. Data yang digunakan adalah data hasiL observasi, data wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan dilakukan dengan metode triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat aktivitas etnomatematika yang ditemukan pada kesenian rebana berupa aktivitas mengukur dari bentuk rebana berupa bangun berbentuk lingkaran, tabung, dan kerucut yang dapat diukur diameter, jari-jari, dan tinggi bangun, dan aktivitas menghitung dan/atau membilang dari hitungan pada macam-macam pola pukulan rebana. 2) Diperoleh aspek matematis berupa konsep geometri meliputi sudut, bidang, dan ruang (dimensi tiga), dan konsep aritmatika berupa operasi penjumlahan dilihat dari hitungan pola D dan T pada pola pukulan rebana dan operasi perkalian pada pengulangan pola pukulan dalam suatu bagian lagu. 3) Kesenian rebana dapat dijadikan objek visualisai pembelajaran matematika untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika karena didalamnya terdapat konsep matematika geometri dan aritmatika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183242 QORI'ATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:22
Last Modified: 27 Jul 2022 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28364

Actions (login required)

View Item View Item