MUHAMMAD RIDWAN ADI NUGROHO, 12204183201 (2022) KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF SISWA KELAS VIII MTS AS SYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (520kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (799kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa Kelas VIII MTs As Syafi’iyah Gondang” ini ditulis oleh Muhammad Ridwan Adi Nugroho, NIM. 12204183201, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Analogi, Gaya Kognitif, Reflektif, Impulsif, Bangun Ruang Sisi Datar Penalaran merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun kemampuan penalaran siswa masih tergolong rendah. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan penalaran yaitu menggunakan metode analogi. Analogi merupakan suatu konsep berfikir atau bernalar tentang hal baru yang diperoleh dari suatu hal yang sudah diketahui siswa sebelumnya dengan memperhatikan persamaan antara dua hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka kemampuan penalaran analogi matematis berpengaruh dalam menyelesaikan masalah matematika dan dalam hal ini peneliti menghubungkan penalaran analogi dengan gaya kognitif siswa (reflektif dan impulsif). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar. (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII-A MTs As Syafi’iyah Gondang. Pengambilan subjek ini menggunakan tes MFFT (Matching Familiar Figures Tes) dimana terdapat subjek 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar mampu memenuhi semua tahapan indikator analogi. Pada siswa reflektif dalam menjawab membutuhkan waktu lebih lama dan lebih teliti sehingga jawaban yang dihasilkan cenderung benar. Sedangkan kemampuan penalaran analogi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar juga mampu memenuhi semua tahapan indikator analogi. Pada siswa impulsif dalam menjawab membutuhkan waktu yang lebih cepat dan kurang teliti dalam menjawab sehingga jawaban yang dihasilkan cenderung kurang tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika > Masalah Matermatika Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183201 MUHAMMAD RIDWAN ADI NUGROHO |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28380 |
Actions (login required)
View Item |