IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI NOMOR 30 TAHUN 2021 DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Penanganan Pelecehan Seksual di Universitas Sriwijaya)

ANNISA MAYANGTYANINGRUM, 12103183120 (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI NOMOR 30 TAHUN 2021 DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Penanganan Pelecehan Seksual di Universitas Sriwijaya). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh disahkannya Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi ditengah maraknya kasus pelecehan dan kekerasan seksual di lingkungan Pendidikan khususnya perguruan tinggi. Hanya saja implementasi Permendikbudristek tersebut masih belum dimaksimalkan oleh pihak perguruan tinggi, sehingga belum bisa menekan terjadinya kasus kekerasan dan pelecehan seksual di perguruan tinggi secara efektif. Penelitian ini akan fokus mengkaji mengenai: 1) Bagaimana implementasi Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 dalam penanganan Pelecehan Seksual di Universitas Sriwijaya, 2) Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap implementasi Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 dalam penanganan Pelecehan Seksual di Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan kondensasi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Universitas Sriwijaya telah mengimplementasikan Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 dalam praktik penanganan kasus pelecehan seksual. Akan tetapi meski demikian, implementasi pencegahan kasus Pelecehan seksual masih jauh dari kata maksimal, sehingga implementasi Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 masih perlu peningkatan, dengan tujuan menekan potensi terjadinya kasus kekerasan dan pelecehan seksual di lingkungan perguruan tinggi. 2) Pengesahan serta pengimplementasian Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Di Lingkungan Perguruan Tinggi telah sesuai dengan pandangan fiqh Siyasah Dusturiyah. Dimana pemimpin diberi kewajiban dalam melindungi agama, jiwa, keturunan, akal, serta harta dari umatnya. Setiap umat juga memiliki hak hak yang harus dilindungi antara lain hak jaminan terhadap keamanan, harga diri dan harta benda. Dalam konteks ini, pengimplementasian Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 ini adalah untuk menjalankan kewajiban pemerintah dalam perlindungan hak hak kaumnya dalam mempertahankan keamanan dan harga diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183120 ANNISA MAYANGTYANINGRUM
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:57
Last Modified: 28 Jul 2022 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28381

Actions (login required)

View Item View Item