PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEMBER ARISAN ONLINE KORBAN PENIPUAN DITINJAU DARI UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pada Anggota Akun Instagram @Arisanladies.Id)

MUHAMMAD HABIBURROMAN, 12101173084 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEMBER ARISAN ONLINE KORBAN PENIPUAN DITINJAU DARI UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pada Anggota Akun Instagram @Arisanladies.Id). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Perlindungan Hukum Terhadap Member Arisan Online Korban Penipuan ditinjau Dari UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam (Studi Kasus Pada Anggota Akun Instagram @Arisanladies.Id)”. Ditulis oleh Muhammad Habiburroman, Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Mukhamad Sukur, M.Pd.I. Kata kunci: perlindungan hukum, arisan online Berkembangnya teknologi komunikasi menyebabkan munculnya berbagai fenomena, salah satunya adalah arisan online. Penelitian ini di latar belakangi oleh keresehan banyak pihak yang mengikuti arisan online karena banyak dari mereka mengalami kerugian yang di sebabkan tidak bertanggung jawabnya owner terhadap member yang mengikuti arisan online tersebut. Kerugian yang dialami para member bukan hanya materi namun psikologi juga dirasakan. Sehingga perlu adanya tindakan hukum yang benar-benar melindungi. Fokus Penelitian dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana cara kerja pelaku tindak penipuan pada arisan online dalam melakukan tindak kejahatannya?; (2) bagaimana perlindungan hukum terhadap member arisan online korban penipuan ditinjau dari UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen? (3) bagaimana perlindungan hukum terhadap member arisan online korban penipuan ditinjau dari hukum Islam ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja pelaku tindak penipuan pada arisan online dalam melakukan tindak kejahatannya ditinjau dari UU Nomor 8 Tahun 1999 dan hukum islam. Pendekatan kualitatif dengan metode wawancara untuk proses pengambilan data. Sampel yang digunakan merupakan beberapa korban dari tindak penipuan arisan online. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Cara kerja pelaku tindak penipuan pada arisan online, pemilihan korban oleh pelaku dengan memanfaatkan tingkat keawaman korban dalam melakukan kegiatan yang melibatkan media sosial, memberikan iming-iming atau reward secara instan, diberikan pemaparan sistem kerja arisan online, korban melakukan transfer sejumlah uang kepada pelaku sesuai yang telah disepakati, pelaku yang sudah menerima transferan dari korban langsung menghilang dan menon-aktifkan semua akun media sosialnya; (2) Pada fakta dilapangan tidak sepenuhnya dapat direalisasikan, terdapat beberapa prasyarat untuk bisa melaporkan kejadian tindak kejahatan arisan online seperti harus ada tiga korban yang melapor dalam satu group yang sama, beberapa orang enggan untuk melaporkan sebab sebagian orang sudah beranggapan bahwa tindak kejahatan seperti ini akan susah untuk menemukan jalan keluar; (3) Berdasarkan pendapat beberapa ulama, setidaknya terdapat dua pandangan mengenai praktik arisan, ada yang membolehkan dan ada juga yang melarang, pada pandangan para ulama yang membolehkan arisan dilandaskan pada salah satu HR Muslim, no : 4477 tentang perundian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173084 MUHAMMAD HABIBURROMAN
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:51
Last Modified: 27 Jul 2022 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item