STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENJUALAN UMKM TANAMAN HIAS LADANG SEKAR

BRIANA INDAH SARI, 12402183081 (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENJUALAN UMKM TANAMAN HIAS LADANG SEKAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran dalam Penjualan UMKM Tanaman Hias Ladang Sekar” yang ditulis oleh Briana Indah Sari, NIM 12402183081, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Meningkatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia khususnya di Jawa Timur pada akhirnya menimbulkan persaingan yang lebih ketat antar sesama pelaku usaha yang berada di sektor usaha yang sama, sehingga para pelaku usaha dituntut untuk mengatur strategi demi bisa mempertahankan eksistensi usahanya. Salah satunya adalah dengan strategi bauran pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan dan penjualan produk mereka. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: 1) mendeskripsikan strategi product (produk) pada UMKM tanaman hias Ladang Sekar, 2) mendeskripsikan strategi price (harga) pada UMKM tanaman hias Ladang Sekar, 3) mendeskripsikan strategi place (tempat/distribusi) pada UMKM tanaman hias Ladang Sekar, 4) mendeskripsikan strategi promotion (promosi) pada UMKM tanaman hias Ladang Sekar, dan 5) mendeskripsikan strategi people (orang) pada UMKM tanaman hias Ladang Sekar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman meliputi 3 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi product (produk) yang diterapkan pada UMKM Ladang Sekar adalah dengan mengutamakan kualitas produk dan variasi produk untuk meningkatkan volume penjualan produk. 2) Strategi price (harga) yang diterapkan pada UMKM Ladang Sekar adalah menetapkan harga produk sesuai dengan harga pasar dengan mempertimbangkan jenis dan kualitas produk. 3) Strategi place(tempat/distribusi) yang diterapkan oleh UMKM Ladang Sekar adalah dengan membuka toko online, yaitu Shopee dan Tokopedia. 4) Strategi promotion (promosi) yang diterapkan oleh UMKM Ladang Sekar adalah dengan melakukan promosi melalui media sosial serta strategi dengan memberikan diskon harga pada produk yang dijual dan pemberian bonus pada pelanggan. 5) Strategi people (orang) yang diterapkan oleh UMKM Ladang Sekar adalah dengan pelayanan prima, menerapkan sifat jujur dan tanggung jawab agar pelanggan dapat merasakan kepuasan dan loyal terhadap UMKM Ladang Sekar. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, UMKM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183081 BRIANA INDAH SARI
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:47
Last Modified: 27 Jul 2022 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28389

Actions (login required)

View Item View Item