KEABSAHAN PERNIKAHAN SUAMI YANG ISTRINYA MAFQUD DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN (Studi kasus: Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang)

ACHMAD ALFIN, 12102183079 (2022) KEABSAHAN PERNIKAHAN SUAMI YANG ISTRINYA MAFQUD DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN (Studi kasus: Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Achmad Alfin, 12102183079, Keabsahan Pernikahan Suami Yang Istrinya Mafqud Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam Dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan (Studi kasus: Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang), UIN SATU Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. H. Asmawi Mahfudz M. Ag. Kata Kunci: Pernikahan, Mafqud, Hukum Islam, Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Penelitian ini di latarbelakangi adanya ketidakjelasan Kompilasi Hukum Islam mengenai status suami dan istri yang hilang tanpa kabar (mafqud). Tetapi di dalam Kompilasi Hukum Islam hanya ada kejelasan mengenai dasar atau alasan perceraian. Ada dua macam pertimbangan hukum yang dapat digunakan dalam membantu mengatasi permasalahan seperti ini, yaitu: (1) berdasarkan bukti-bukti asli yang sah, yang dibenarkan oleh syariat, yang dapat menetapkan hukum dan (2) berdasarkan tenggang waktu lamanya si mafqud pergi. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keabsahan pernikahan suami yang istrinya mafqud dalam tinjauan Hukum Islam?; dan 2) Bagaimana keabsahan pernikahan suami yang istrinya mafqud dalam tinjauan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) sah perkawinan suami yang istrinya mafqud menurut hukum islam berdasarkan Al-Qur’an surah al-nisa ayat 34 bahwa istri memiliki kewajiban taat terhadap suami, lalu istri dilarang menyusahkan suami. Sah secara fiqih menurut ulama Hanabilah, Hambali dan Syafi’i mengenai istri mafqud karena didasarkan penetapan atas status kematian. Begitupun ulama Malikiyah setelah berlalu empat tahun dan menceraikan istrinya yang mafqud sejak satu tahun. dan Sah perkawinan menurut KHI karena telah sesuai batas menunggu seseorang yang mafqud (hilang) termuat dalam pasal 116 huruf b KHI dengan ketentuan Waktu 2 (dua) tahun. sehingga sah perkawinan yang dilakukan bedasarkan SM (kasus I) karena kasus I, pihak suami (SM) telah ditinggal oleh sang istri selama 6 tahun berturut-turut sejak berpamitan bekerja. Selanjutnya kasus II, pihak suami (RS) ditinggal istrinya 5 tahun berturut-turut. dan 2) perkawinan yang dilakukan oleh SM (kasus I) dan RS (kasus II) sah secara hukum berdasarkan ketentuan UU 1 Tahun 1974 Tentang perkawinan Pasal 38. Perkawinan dapat putus karena kematian, perceraian dan atas keputusan Pengadilan, keduanya yakni SM (kasus I) melakukan perkawinan dengan dasar putusan gugatan cerai terhadap istrinya yang mafqud dan RS (kasus II) melakukan perkawinan dengan wanita lain berdasarkan surat kematian sang istri di kantor Desa Kademangan-Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183079 ACHMAD ALFIN
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:04
Last Modified: 29 Jul 2022 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28469

Actions (login required)

View Item View Item