PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK MAHASISWI PSIKOLOGI ISLAM ANGKATAN 20192020 DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

SITI FEBIYANTI KHOIRIYAH, 12308183013 (2022) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK MAHASISWI PSIKOLOGI ISLAM ANGKATAN 20192020 DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK MAHASISWI PSIKOLOGI ISLAM ANGKATAN 20192020 DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Konsep diri adalah evaluasi seseorang secara keseluruhan atas dirinya sendiri. Konsep diri menjadi salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif. Seseorang yang mempunyai konsep diri yang tinggi ialah seseorang yang mempunyai cara pandang yang baik terhadap dirinya sendiri, sedangkan seseorang yang mempunyai konsep diri rendah ialah seseorang yang mempunyai cara pandang yang buruk terhadap dirinya sendiri. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang benar, mengetahui pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam membeli produk kosmetik mahasiswi psikologi islam angkatan 2019/2020 di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik kausal komparatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 118 mahasiswi dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria berjenis kelamin perempuan, mahasiswi jurusan Psikologi Islam pada angkatan 2019/2020, mahasiswi aktif berkuliah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Hasil pada penelitian ini menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar r = -0.323 dengan taraf signifikan sebesar 0.008 (p<0,05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif dimana pengaruh antar variabel adalah negatif, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki oleh mahasiswi maka semakin rendah perilaku konsumtif pembelian kosmetik mahasiswi angkatan 2019/2020 di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata kunci: Konsep diri, Kosmetik, Mahasiswi, Perilaku Konsumtif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 2022 12308183013 siti febiyanti khoiriyah
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:26
Last Modified: 29 Jul 2022 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28495

Actions (login required)

View Item View Item