RIZKI SHAFIRA, 12210183014 (2022) ANALISIS TATA BAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA TEKS TANGGAPAN BERTEMA COVID-19 KARYA SISWA KELAS IX I SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Tata Bahasa Tataran Sintaksis pada Teks Tanggapan Bertema Covid-19 Karya Siswa Kelas IX I SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Rizki Shafira, NIM 12210183014, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: Analisis Tata Bahasa, Konjungsi, Struktur Kalimat, Teks Tanggapan Siswa Teks tanggapan merupakan teks yang dapat mengasah keterampilan menulis siswa untuk mengemukakan pendapat atau anggapan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan bahasa yang jelas, objektif, dan benar. Penggunaan tata bahasa perlu diperhatikan dengan baik, seperti penggunaan konjungsi dan struktur kalimatnya. Penelitian ini dilakukan untuk meminimalisasi kekeliruan dan kesalahan tata bahasa tataran sintaksis pada teks tanggapan siswa. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk melatih siswa agar dapat menyusun karangan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bentuk penggunaan konjungsi pada teks tanggapan bertema Covid-19 karya siswa kelas IX I SMP Negeri 1 Ngantru, 2) bentuk penyusunan struktur kalimat pada teks tanggapan bertema Covid-19 karya siswa kelas IX I SMP Negeri 1 Ngantru, 3) faktor penyebab munculnya kesalahan dan kekeliruan penyusunan tata bahasa tataran sintaksis pada teks tanggapan bertema Covid-19 karya siswa kelas IX I SMP Negeri 1 Ngantru, dan 4) implikasi kesalahan dan kekeliruan penyusunan tata bahasa tataran sintaksis terhadap kualitas teks tanggapan bertema Covid-19 karya siswa kelas IX I SMP Negeri 1 Ngantru. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, berupa teks tanggapan siswa, wawancara dengan guru dan siswa, serta instrumen analisis data. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 25 teks tanggapan siswa ditemukan kesalahan dan kekeliruan. Kesalahan penggunaan konjungsi meliputi kesalahan penggunaan konjungsi “dan” sebanyak 8, penggunaan konjungsi tidak baku sebanyak 1, dan penghilangan konjungsi sebanyak 5. Kekeliruan penggunaan konjungsi meliputi kekeliruan pemilihan konjungsi sebanyak 3 dan penggunaan konjungsi berlebihan sebanyak 5. Adapun kesalahan penyusunan struktur kalimat meliputi kesalahan penggunaan unsur subjek 1. Kekeliruan penyusunan struktur kalimat meliputi kekeliruan penggunaan unsur subjek 4, unsur predikat 1, dan unsur objek 1. Kesalahan dan kekeliruan yang dilakukan siswa disebabkan karena belum memahami dan merasa asing dengan materi, kurang sosialisasi, tidak fokus pembelajaran, dan kurangnya kosakata siswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IX I di SMP Negeri 1 Ngantru sudah memahami bagaimana penyusunan tata bahasa tataran sintaksis. Terbukti bahwa sedikit ditemukan kesalahan maupun kekeliruan pada teks tanggapan yang ditulisnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | RIZKI SHAFIRA |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28505 |
Actions (login required)
View Item |