PENGEMBANGAN POSTER VARIASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII MTS THORIQUL HUDA JOMBANG

NUR ALFIYANI, 12209183039 (2022) PENGEMBANGAN POSTER VARIASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII MTS THORIQUL HUDA JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Poster Variasi Augmented Reality Berbasis Android Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VII MTs Thoriqul Huda Jombang” ini ditulis oleh Nur Alfiyani NIM. 12209183039, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., SS., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Poster, Augmented Reality Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era penyambutan generasi emas 2045 guru dituntut lebih kreatif, inovatif dan inspiratif dalam mendesain kegiatan pembelajaran sehingga memerlukan perantara penyampaian materi dari guru ke peserta didik dengan memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi, dan memberikan ruang agar pembelajaran bisa dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran salah satunya ialah pemilihan media yang tepat agar menarik peserta didik untuk semangat belajar, interaktif saat digunakan, dan tidak mengurangi esensi materi yang disampaikan. Penelitian memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pengembangan dan kelayakan media poster variasi Augmented Reality berbasis android meningkatkan hasil belajar IPS materi tumbuhnya gunung berapi kelas VII MTs Thoriqul Huda Jombang? Dengan tujuan mengetahui pengembangan dan mengetahui tingkat kelayakan poster variasi Augmented Reality berbasis android meningkatkan hasil belajar IPS materi tumbuhnya gunung berapi kelas VII MTs Thoriqul Huda Jombang. Penelitian ini sebagai penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media poster variasi Augmented Reality berbasis android sesuai dengan model Borg and Gall. Penelitian dilakukan di MTs Thoriqul Huda Jombang dengan subjek penelitian siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan VII-B sebagai kelas eksperimen. Penelitian yang diambil melalui analisis awal, angket siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, serta nilai Post-test. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk pengevaluasian poster variasi Augmented Reality berbasis android. Hasil uji validasi memiliki persentase dari ahli media 77%, nilai persentase dari ahli materi memiliki persentase sebesar 92,8% dan dari guru mata pelajaran IPS memiliki persentase sebesar 90,25%. Hasil kepraktisan pada empat indikator yaitu angket siswa dengan rata-rata sebesar 95,5% sehingga poster variasi Augmented Reality berbasis android praktis digunakan. Validator menyatakan poster variasi Augmented Reality berbasis android bisa digunakan dengan sedikit revisi. Ketuntasan siswa sebesar 94,8% sehingga hasil evaluasi telah masuk kriteria sangat baik. Persentase siswa bertanya adalah 21,75% sehingga dengan demikian poster variasi Augmented Reality berbasis android dapat digunakan tanpa revisi dan masuk kategori praktis. Hasil Post-test pada kelas VII-A dan Kelas VII-B diketahui Sig (2-tailed) = 0,00, karena Sig (2-tailed) kurang dari nilai signifikan = 0.05 yaitu 0.00 < 0,05 maka H 1 dapat diterima, nilai rata-rata Post-test kelas VII-B eksperimen yang menggunakan poster variasi Augmented Reality berbasis android sebesar 88.15 dan rata-rata nilai kelas VII-A kontrol yang tidak menggunakan poster variasi Augmented Reality berbasis android sebesar 57.48 sehingga selisih diantaranya ialah 30.67 dengan hal ini dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan poster variasi Augmented Reality berbasis android. Dengan hal ini poster variasi Augmented Reality berbasis android sebagai media pembelajaran yang efektif digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183039 Nur Alfiyani
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:41
Last Modified: 01 Aug 2022 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28521

Actions (login required)

View Item View Item