UPAYA ISTRI MEMPERTAHANKAN PERKAWINAN DENGAN SUAMI YANG TIDAK MEMENUHI NAFKAH DALAM PERSPEKTIF KELUARGA MASLAHAH (Studi Kasus di Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)

HELDA ANGGINA PUTRI, 12102183116 (2022) UPAYA ISTRI MEMPERTAHANKAN PERKAWINAN DENGAN SUAMI YANG TIDAK MEMENUHI NAFKAH DALAM PERSPEKTIF KELUARGA MASLAHAH (Studi Kasus di Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Helda Anggina Putri, 12102183116, Upaya Istri Mempertahankan Perkawinan dengan Suami yang Tidak Memenuhi Nafkah dalam Perspektif Keluarga Maslahah (Studi Kasus di Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Dr. Rohmawati, M.A. Kata Kunci: Upaya Istri, Mempertahankan Perkawinan, Nafkah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena seorang suami yang bekerja tetapi tidak memenuhi nafkah keluarganya, sehingga istri harus turut bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Istri ikut mencari nafkah semata-mata agar rumah tangganya tetap terjaga sehingga anak-anak tidak menjadi korban broken home. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Mengapa istri mempertahankan perkawinan dengan suami yang tidak memenuhi nafkah keluarga? 2) Bagaimana upaya istri mempertahankan perkawinan dengan suami yang tidak memenuhi nafkah keluarga? 3) Bagaimana upaya istri mempertahankan perkawinan ditinjau dari konsep keluarga maslahah? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pegumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisa data menggunakan reduksi data, paparan data, pengecekan kebenaran data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian: 1) Para istri menjelaskan alasannya tidak akan bercerai dengan suaminya karena memikirkan nasib anak-anaknya yang tidak mau memiliki keluarga yang broken home dan tidak mempunyai kasih sayang yang lengkap dari ayah dan ibu. 2) Para istri berusaha mencari nafkah sendiri dan berusaha untuk tetap sabar dalam menghadapi suami yang tidak mau memberikan nafkah pada keluarganya dan tidak memenuhi sebagai pemimpin keluarga yang baik. 3) para istri senantiasa bersabar dalam menjalani semua yang Allah SWT. kehendaki serta para istri sangat menghindari perceraian di dalam rumah tangga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Perempuan
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 121021830116 HELDA ANGGINA PUTRI
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:53
Last Modified: 26 Aug 2022 08:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28528

Actions (login required)

View Item View Item