PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA YANG BERMUKIM DI PESANTREN MADRASAH MTs N 3 BOJONEGORO

FIRDA LAILY NOVIA CANDRA WATY, 12308183023 (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA YANG BERMUKIM DI PESANTREN MADRASAH MTs N 3 BOJONEGORO. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA YANG BERMUKIM DI PESANTREN MADRASAH MTs N 3 BOJONEGORO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesantren madrasah mengajarkan kemandirian dan kedisiplinan pada siswa. Namun pada nyatanya siswa belum bisa mengatur dirinya dengan baik yang menimbulkan siswa melakukan prokrastinasi akademik, sehingga perlu adanya dukungan sosial yang lebih dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik siswa yang bermukim di pesantren madrasah MTs N 3 Bojonegoro. Jenis penelitian ini kuantitatif kausal komparatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 responden. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala prokrastinasi akademik. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana, didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05. Dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,612 dan nilai R^2 sebesar 0,185 sama dengan 18,5%. Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa yang bermukim di pesantren madrasah MTs N 3 Bojonegoro. Nilai negatif pada koefisien regresi dapat dikatakan bahwa kedua variabel ini memiliki pengaruh negatif, artinya jika semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa. Kata Kunci: Siswa pesantren, Prokrastinasi Akademik, Dukungan Sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Firda Laily Novia Candra Waty
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:56
Last Modified: 01 Aug 2022 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28594

Actions (login required)

View Item View Item