STRATEGI GERAKAN KOTAK INFAQ NAHDLATUL ULAMA (KOIN NU) DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT (Studi Kasus NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir)

VINNA NUR AGUSTIN ALFANI, 12404183003 (2022) STRATEGI GERAKAN KOTAK INFAQ NAHDLATUL ULAMA (KOIN NU) DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT (Studi Kasus NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (Koin NU) Dalam Memberdayakan Masyarakat (Studi Kasus NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir)” di tulis oleh Vinna Nur Agustin Alfani, NIM. 12404183003, Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, pembimbing Bapak Jusuf Bachtiar S.S., M.Pd. Kata Kunci: Infaq, Pemberdayaan Masyarakat, Strategi Latar belakang penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui Koin NU DI Kecamatan Kalidawir ini dikatakan berhasil, karena strategi yang ada dalam pelaksanaan Koin NU ini serta antusias dari masyarakat sendiri yang sangat mendukung dan perekenomian masyarakat yang semakin membaik setelah adanya usaha yang didirikan oleh masyarakat melalui bantuan yang di berikan dari hasil Koin NU ini kepada masyarakat meskipun hanya beberapa masyarakat saja. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi Koin NU dalam pemberdayaan masyarakat di NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir. 2) Bagaimana dampak Koin NU terhadap pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Kalidawir. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis strategi Koin NU dalam pemberdayaan masyarakat di NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir. 2) Untuk menganalisis dampak Koin NU terhadap pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di NU CARELAZISNU Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi Koin NU dalam pemberdayaan masyarakat di NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir, diantaranya yaitu: (a) membentuk koordinasi antar wilayah (b) fundraising (c) pembukuan yang jelas: (d) inovasi (e) evaluasi. Strategi tersebut semuanya telah di terapkan oleh NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir dalam gerakan Koin NU untutk memberdayakan masyarakat. Sehingga alokasi dana Koin NU ini sudah banyak dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat baik dalam bidang sosial, kelembagaan, dan ekonomi produktif. 2) Dampak Koin NU terhadap pemberdayaan masyarakat di NU CARE-LAZISNU Kecamatan Kalidawir sangat bagus karena dengan adanya bantuan dari program Koin NU untuk sebagian masyarakat, masyarakat semakin sejahtera dan sekarang perekonomian mereka membaik dan dengan adanya program ini bisa mengeluarkan mereka dari suatu keterbelakangan maupun kemiskinan sehingga mereka mampu bersaing dengan dunia luar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Infaq
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404183003 Vinna Nur Agustin Alfani
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:40
Last Modified: 01 Aug 2022 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item