ANALISIS GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

LUTFIANA DEWI SAFITRI, 12204173140 (2021) ANALISIS GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Gesture Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Lutfiana Dewi Safitri, NIM 12204173140, Pembimbing : Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Gesture, Pemecahan Masalah, Kontekstual Gesture matematis adalah gerakan yang dilakukan seseorang dengan tangan dan lengan secara disengaja dan ditunjukkan pada saat berbicara mengenai konsep matematika. Gesture dapat meletakkan dasar pengetahuan baru untuk belajar dan mengajar memahami konsep matematika akan digunakan atau diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gesture siswa dapat menjelaskan konsep lebih jelas saat dihadapkan dengan suatu masalah. Dalam memecahkan masalah gesture yang ditunjukkan siswa dangat bervariasi. Gesture menurut Mc Neill dibagi menjadi 3 jenis yaitu gesture ikonik, gesture metaporik, dan gesture deiktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gesture ikonik, gesture metaporik, gesture deiktik siswa MA Syekh Subakir Nglegok Blitar dalam memecahkan masalah kontekstual. Sehingga dapat memberikan gambaran singkat tentang gesture matematis yang ditunjukkan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Pemilihan subjek berdasarkan pada kemampuan siswa yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah transkripsi, segmentasi, pengodean, pengategorisasian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/kerajinan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu gambaran tentang gesture yaitu (1) variasi gesture muncul sebanyak 64 terdiri dari 28 gesture ikonik, 19 gesture metaporik, dan 17 gesture deiktik (2) gesture ikonik dilakukan oleh subjek merupakan gambaran dari gerakan ikonik-simbolik (3) gesture dapat dilakukan di atas kertas, diatas meja, ataupun di udara (4) variasi gesture dapat disertai dengan ucapan maupun tanpa ucapan (5) gesture yang paling sering muncul adalah gesture ikonik yaitu sebanyak 28 gesture dari 64 gesture (6) gesture deiktik dilakukan menggunakan jari atau juga dapat menggunakan alat bantu (7) dalam proses pemecahan masalah gesture berperan sebagai fasilitator dalam berkomunikasi dengan rekan sebaya (8) gesture sebagai alat komunikasi dalam proses pemecahan masalah matematis yaitu untuk: mengkonkretkan sesuatu yang dipikirkan, menunjuk suatu objek, mengarahkan perhatian, memusatkan dan memperhatikan hal yang sedang dibicarakan, menuntun dan mengarahkan proses berpikir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173140 LUTFIANA DEWI SAFITRI
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:47
Last Modified: 10 Aug 2022 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item