STRATEGI PENGEMBANGAN PADA SENTRA INDUSTRI GENTENG UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUKOREJO (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek)

NADILA RIFADATUL KHANIN, 12402183280 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PADA SENTRA INDUSTRI GENTENG UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SUKOREJO (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Pada Sentra Industri Genteng Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Sukorejo (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sukorejo, Kec. Gandusari Kab. Trenggalek). Yang ditulis oleh Nadila Rifadatul Khanin, NIM. 12402183280, yang dibimbing oleh Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Sektor industri menjadi salah satu pemecah masalah kemiskinan sehingga berperan penting dalam perekonomian masyarakat, perkembangan ini bertujuan untuk keberlangsungan sentra industri genteng di Desa Sukorejo dalam menghadapi persaingan industri sejenis yang nantinya akan memberikan peningkatan perekonomian untuk masyarakatnya. Penelitian ini berfokus pada Bagaimana strategi pengembangan pada sentra industri genteng dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sukorejo, faktor-faktor pendukung dan penghambat pada strategi pegembangan sentra industri genteng di Desa Sukorejo serta bagaimana dampak sentra industri genteng bagi perekonomian masyarakat Desa Sukorejo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan, faktor pendukung maupun penghambat dan dampak sentra industri bagi perekonomian masyarakat Desa Sukorejo. Di dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Perolehan data yang diperlukan yaitu melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengembangan pada sentra industri genteng dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sudah cukup baik dilihat dari upaya yang telah dilakukan oleh para pengrajin, strategi yang dilakukan oleh para pengrajin desa sukorejo menggunakan strategi trategi intensif dan juga strategi intregasi ke depan dalam melakukan pengembangannya diantaranya dengan cara membuat inovasi, melakukan pemasaran/promosi melalui media sosial, memberikan harga yang terjangkau, menjalin kerjasama kepada sesama pengrajin maupun makelar dan juga selalu bekerja keras dalam pengembangannya. Selanjutnya faktor pendukung dan penghambat pada pengembangan sentra industri genteng yaitu faktor pendukungnya tenaga kerja dan bahan baku. Sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan teknologi dan kualitas sumber daya manusia. Untuk dampak dari industri genteng bagi perekonomian yaitu dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar sehingga dapat mengurangi pengangguran yang ada. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Sentra Industri Genteng, Perekonomian Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183280 NADILA RIFADATUL KHANIN
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:01
Last Modified: 02 Aug 2022 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item