ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

BHERNIA IRDIANIS, 12204183291 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Abstraksi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” disusun oleh Bhernia Irdianis, NIM. 12204183291, dan dibimbing oleh Dr. Maryono,M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Abstraksi, Menyelesaikan Soal, Segitiga Pada dasarnya, kemampuan matematis siswa dalam memahami suatu soal sampai menemukan jawaban yang benar merupakan suatu tingkatan intelegensi tertentu yang dimiliki oleh siswa. Seorang dapat dikategorikan sebagai orang yang cerdas, bila mempunyai kemampuan berfikir abstrak secara benar dan tepat. Secara umum, semakin tinggi tingkat intelegensi seorang maka semakin teratur cara berfikirnya. Aspek yang ditekankan dalam kemampuan abstrak adalah penggunaan efektif dari konsep-konsep serta simbol-simbol dalam menghadapi berbagai situasi khusus dalam menyelesaikan sebuah masalah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan abstrak siswa kelas VII SMP Negeri 2 sumbergempol pada level Recognition (pengenalan) dalam menyelesaikan soal materi pokok segitiga.(2) Untuk mendiskripsikan kemampuan abstraksi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol pada level Representasi (representasi) dalam menyelesaikan soal materi pokok segitiga.(3) Untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol pada level Structural abstraction (abstraksi struktural) dalam menyelesaikan soal materi pokok segitiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, di mana peneliti ikut berpartisipasi lama di lapangan, mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, melakukan analisis reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan di lapangan, dan membuat laporan penelitian secara mendetail. Data disajikan secara deskriptif dimana suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah atau buatan manusia. Pengambilan data melalui pemberian soal tes tertulis, wawancara, foto, dan lain-lain. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil kemampuan abstraksi siswa kelas VII C dalam menyelesaikan soal pada level recognition (pengenalan) sebagian siswa mampu dengan baik mengenal struktur matematika baru dengan mengidentifikasi struktur sebelumnya dari ketiga soal, dan sebagian lagi belum. Terbukti dengan perolehan sebagian skor siswa maksimal peritem yaitu kurang dari 6. Level representation (representasi) pun demikian, sebagian siswa mampu dengan baik menyatakan masalah kedalam bentuk matematika, dan sebagian lagi belum mampu dengan baik merepresentasikan soal kedalam kalimat matematika.Terbukti dengan perolehan sebagian skor siswa maksimal per item yaitu kurang dari 9. Pada level Structural Abstraction (Abstraksi Struktural), sebagian siswa mampu dengan baik membuat abstraksi dan representasi penyelesaian matematika, dan sebagian lagi belum mampu membuat abstraksi dan representasi penyelesaian matematika. Terbukti dengan perolehan sebagian skor siswa maksimal per item yaitu kurang dari 9.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183291 BHERNIA IRDIANIS
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:42
Last Modified: 10 Aug 2023 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item