NUR KUMALASARI LUDFI, 12204183213 (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Problem Based Learning dengan Project Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Kumalasari Ludfi, NIM. 12204183213, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Model Project Based Learning, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar matematika siswa dan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan guru dalam penyampaian materi. Dari permasalahan tersebut diperlukan inovasi model pembelajaran baru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model Problem Based Learning dan Project Based Learning. Dengan menerapkan model Problem Based Learning siswa diharapkan mampu berproses dalam mencari penyelesaian atas suatu masalah sehingga membantu siswa untuk berpikir pada tingkat yang lebih tinggi dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan menerapkan model Project Based Learning dapat membantu siswa merancang proses untuk menentukan sebuah hasil, melatih siswa bertanggung jawab dalam mengelola informasi yang dilakukan pada sebuah proyek hasil siswa itu sendiri sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan antara hasil belajar dengan model Problem Based Learning dan Project Based Learning pada siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning dan model Project Based Learning, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 352 siswa dan terbagi menjadi 11 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-C sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-D sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Uji analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar model Problem Based Learning dengan Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.034 yang berarti < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183213 NUR KUMALASARI LUDFI |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28683 |
Actions (login required)
View Item |