KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP IT SUNAN KALIJAGA BLITAR

MUFIDATUL MAR'AH, 12204183022 (2022) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMP IT SUNAN KALIJAGA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Materi SPLDV Kelas VIII Di SMP IT Sunan Kalijaga Blitar” ini ditulis oleh Mufidatul Mar'ah, NIM. 12204183022, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar, SPLDV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih kurang. Pemahaman konsep matematis yaitu suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, dimana peserta didik mampu mengklasifikasikan, menyajikan, menyatakan, menghitung, serta menjelaskan kembali suatu materi. Salah satu faktor penyebab kurangnya pemahaman matematis siswa yaitu kemandirian belajar. Kemandirian belajar yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa dengan adanya niat untuk menguasai pengetahuan maupun keterampilan dalam memecahkan masalah. Dengan demikian pemahaman konsep dan kemandirian belajar saling berkaitan agar bisa menguasai pelajaran matematika pada materi SPLDV. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar tinggi pada materi SPLDV kelas VIII di SMP IT Sunan Kalijaga, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar sedang pada materi SPLDV kelas VIII di SMP IT Sunan Kalijaga, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar rendah pada materi SPLDV kelas VIII di SMP IT Sunan Kalijaga Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini siswa SMP IT Sunan Kalijaga Blitar yang berjumlah 6 siswa dengan kemandirian belajar tinggi, kemandirian belajar sedang, dan kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar tinggi pada materi SPLDV mampu mencapai 6 indikator, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep matematika, menerapkan konsep secara algoritma, memberikan contoh atau kontra contoh, menyajikan konsep dalam berbagai representasi, mengaitkan berbagai konsep matematika. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar sedang pada materi SPLDV mampu mencapai 4 indikator, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep matematika, menerapkan konsep secara algoritma. 3) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemandirian belajar rendah mampu mencapai 2 indikator, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183022 MUFIDATUL MAR'AH
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:56
Last Modified: 02 Aug 2022 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28701

Actions (login required)

View Item View Item