PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SLIDE PADA MATERI INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU

IVAN RAMADHANI PUTRA, 12208183120 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SLIDE PADA MATERI INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurang inovatifnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik yang hanya berupa buku paket, e-book, papan tulis, gambar print-out, dan sejenisnya, sehingga berdampak terhadap rendahnya minat belajar peserta didik serta kurangnya hasil belajar peserta didik. Oleh karenanya peneliti mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menggunakan media pembelajaran Google Slide untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Slide pada materi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan terhadap minat belajar peserta didik kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru, mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Slide pada materi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan terhadap minat hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Google Slide pada materi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design serta menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik anggota kelas VII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti yakni random sampling dari populasi yang homogen/relatif homogen tanpa adanya prasyarat atau kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini yakni uji T dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1)adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Google Slide pada materi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan terhadap minat belajar peserta didik kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru yang ditunjukkan dengan nilai uji Independent Sample T-Test, didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Nilai sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 yang mana berarti Ha diterima sementara H0 ditolak. (2)adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Google Slide pada materi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru yang ditunjukkan dengan nilai uji Independent Sample T-Test, didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang mana berarti Ha diterima sementara H0 ditolak. (3)adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Google Slide pada materi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru yang ditunjukkan dengan nilai uji MANOVA, didapat nilai sig. sebesar 0,000. Nilai sig. 0,000 < 0,05 yang mana berarti Ha diterima sementara H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183120 Ivan Ramadhani Putra
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:15
Last Modified: 02 Aug 2022 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28716

Actions (login required)

View Item View Item