DEVI PRISTINA NOVITASARI, 12208183060 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Hasil belajar dan kemampuan berpikir peserta didik sangat penting dalam proses pembelajaran. Kemampuan guru menentukan pencapaian hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, namun peserta didik kurang aktif, kurang memperhatikan pelajaran biologi, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, dengan demikian interaksi antara guru dan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik lain berkurang sehingga membuat peserta didik bosan selama pembelajaran berlangsung. Hal ini berdampak pada aspek kognitif dan kemampuan berpikir peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar dan kemampuan berpkir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang. (2) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang. (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang, dengan pengampilan sampel jenis purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest, posttest, dan observasi. Analisi data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji manova melalui bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang yang signifikan, Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05 dari hasil uji hipotesis. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dari hasil uji hipotesis. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMAN 1 Gondang yang sigifikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root adalah 0,000 < 0,05. Perolehan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis yang meningkat menunjukan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) ini dapat dijadikan alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Ekosistem Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208283060 Devi Pristina Novitasari |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28779 |
Actions (login required)
View Item |