PEMANFAATAN KONTEN AUDIO VISUAL SEBAGAI BRANDING DALAM MENARIK MINAT KUNJUNG DI PERPUSTAKAAN DAERAH TULUNGAGUNG

DIKA WINARTI HARDIAN SYAHPUTRI, 12310183030 (2022) PEMANFAATAN KONTEN AUDIO VISUAL SEBAGAI BRANDING DALAM MENARIK MINAT KUNJUNG DI PERPUSTAKAAN DAERAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PEMANFAATAN KONTEN AUDIO VISUAL SEBAGAI BRANDING DALAM MENARIK MINAT KUNJUNG DI PERPUSTAKAAN DAERAH TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya branding Perpustakaan Daerah Tulungagung adalah dengan memanfaatkan konten audio visual. Konten audio visual lebih efektif di zaman sekarang karena masyarakat lebih tertarik untuk mengetahui informasi yang memanfaatkan indera penglihatan dan pendengaran mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan konten audio visual yang dipakai Perpustakaan Daerah Tulungagung sebagai branding dalam menarik minat kunjung pemustaka dan mengetahui hambatan Perpustakaan Daerah Tulungagung dalam melakukan branding dengan menggunakan konten audio visual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kegiatan observasi dan wawancara. Terdapat 10 informan dari hasil wawancara yaitu 3 pustakawan dan 7 orang pemustaka. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Perpustakaan Daerah Tulungagung telah melakukan branding yang memanfaatkan konten audio visual. Konten audio visual yang Perpustakaan Daerah Tulungagung gunakan adalah konten Dongeng Arek Millenial atau yang biasa disebut DOREMI, Video layanan Perpustakaan, dan Video Profil Perpustakaan. Perpustakaan Daerah Tulungagung memanfaatkan media instagram, youtube dan facebook sebagai alat penyebaran konten audio visual yang digunakan sebagai branding perpustakaan. Terdapat beberapa hambatan dalam branding yang dilakukan Perpustakaan Daerah Tulungagung. Hambatan tersebut berasal dari faktor internal maupun eksternal. Hambatan tersebut meliputi kurangnya pengetahuan pustakawan dalam pembentukan konten audio visual, keterbatasan ruang serta alat dokumentasi juga menjadi kendala serta kurangnya respon masyarakat terhadap branding yang dilakukan. Kata kunci: Branding, audio-visual, perpustakaan umum

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 12310183030 DIKA WINARTI HARDIAN SYAHPUTRI
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:14
Last Modified: 03 Aug 2022 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28795

Actions (login required)

View Item View Item