Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MA At-Thohiriyah Ngantru Tahun Pelajaran 2013/2014

R. Isna, Mawadatur (2014) Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MA At-Thohiriyah Ngantru Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bab I, II, III, IV, V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Komunikasi Matematis Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika di kelas masih banyak yang menekankan pemahaman siswa tanpa melibatkan kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran di kelas juga masih bersifat konvensional, siswa kurang diberi kesempatan menemukan jawaban ataupun cara yang berbeda dari yang sudah diajarkan oleh guru. Guru tidak membiarkan siswa mengkonstruk pendapat atau pemahamannya sendiri terhadap konsep matematika. Dengan demikian siswa tidak dapat mengembangkan kemampuannya dan hanya bergantung pada penjelasan guru. Tujuan pada penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran matematika siswa kelas X MA At-Thohiriyah Ngantru Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MA At- Thohiriyah Ngantru Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-B MA At-Thohiriyah Ngantru tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, soal tes, dan lembar observasi. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran melalui 3 tahap yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan awal guru memberikan materi dasar pada siswa kemudian dilanjutkan dengan pengarahan tentang model pembelajaran inkuiri. Pada tahap inti, siswa diskusi dengan bimbingan guru dan mempresentasikan hasil diskusi mereka. Dan untuk tahap penutup, guru memberi penguatan serta memberikan penegasan materi yang telah di pelajari siswa. Berdasarkan hasil observasi aktifitas guru dan siswa sudah memenuhi kriteria 80% dan 75% serta hasil belajar sudah memenuhi kriteria ketuntasan 75%. xv Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika dengan model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa MA At-Thohiriyah Ngantru. Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri yaitu siswa senang belajar dengan berkelompok karena dapat bertukar pikiran dengan temannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 02:35
Last Modified: 03 Dec 2014 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item