ROFI LAILATUL NA’IM, 12205183312 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 STUDI KASUS SISWA KELAS 5 MI DARUL ULUM GONDANG NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) | Preview |
Abstract
Konteks penelitian didasari dengan perkembangan zaman yang mengharuskan anak mengenal dunia digital dengan baik dan benar. Hal ini selaras dengan era sekarang yaitu era revolusi industri 4.0 dimana banyak anak yang menggunakan internet dengan kurang tepat. Maka untuk mengurangi fenomena tersebut diperlukan pengajaran dan juga pengawasan yang lebih ketat serta diberikan bimbingan mengenai hal apa saja yang perlu dikunjungi saat menggunakan internet atau selama penggunaan teknologi agar anak tidak menyalahgunakan penggunaan teknologi yang ada sekarang ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI Darul Ulum Gondang Nganjuk. (2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI Darul Ulum Gondang Nganjuk. (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI Darul Ulum Gondang Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dari bulan November 2021 sampai dengan bulan April 2022. Lokasi penelitian: MI Darul Ulum Gondang Nganjuk. Sumber data penelitian ini yaitu data primer (Kepala madrasah, Waka Kurikulum, Guru Kelas, dan Peserta didik kelas 5) serta data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran tematik berbasis teknologi yaitu mempersiapkan RPP, bahan ajar, media pembelajaran, power point, tugas, remidi, dan platform pembelajaran Imtera. (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis teknologi dilakukan dengan menggunakan video pembelajaran dan power point, guru juga menggunakan platform pembelajaran imtera yang akan ditampilkan melalui LCD/TV yang ada di kelas. (3) evaluasi dari penerapan pembelajaran berbasis teknologi adalah guru dapat melihat dari aspek pengetahuannya yaitu tugas, ulangan harian, UTS dan UAS. Serta pembelajaran berbasis teknologi ini dapat dikatakan berhasil karena menjadikan peserta didik lebih bersemangat dan juga antusias sekali selama kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183312 ROFI LAILATUL NA’IM |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 01:43 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 01:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28813 |
Actions (login required)
View Item |