AULA DINAHAQIQI, 12306183062 (2022) PENGARUH TEKNIK SIMBOLIK MODELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SANANKULON. [ Skripsi ]
Text
PENGARUH TEKNIK SIMBOLIK MODELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SANANKULON.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan teknik simbolik modeling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan diperoleh sampel sebanyak 13 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Uji validitas instrumen dilakukan oleh ahli dan diujikan secara statistik menggunakan bantuan SPSS versi 20, begitu juga dengan uji reliabilitas. Sedangkan untuk uji analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji N-gain dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik simbolik modeling memberikan pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh thitung>ttabel (4.03>2.17) dengan nilai signifikansi 0.002<0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan taraf keefiktifan penggunaan teknik simbolik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Sanankulon cenderung rendah dengan nilai gain score 0,17<0,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik simbolik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Sanankulon dengan taraf keefiktifan rendah Kata Kunci: modeling; simbolik modeling; motivasi belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306183062 AULA DINAHAQIQI |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:22 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28859 |
Actions (login required)
View Item |