MUHAMMAD FARID HASAN, 12207183125 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDI NURUL HIDAYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Farid Hasan, NIM. 12207183125. 2022. “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Muhamad Zaini, M. A. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Mutu Pendidikan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Manajemen kesiswaan bukan hanya berupa pencatatan data siswa atau peserta didik, tetapi meliputi aspek yang lebih luas yang secara operasional membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan disekolah. Peneliti ingin memfokuskan penelitian ini pada formulasi/perencanaan, implementasi, dan evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung. Adapun Pertanyaan Penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Islam Nurul Hidayah Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Nurul Islam Hidayah Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi manajemen keisiswaan dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Nurul Islam Hidayah Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Desa Kates, Kecamatan Rejotangan, Kabubaten Tulungagung, Jawa Timur. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (reduksi data), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengabsahan data menggunakan pengamat, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan kesiswaan secara utuh dengan membuat program-program yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan pada awal tahun pelajaran, program program yang disusun antara lain cepat bisa baca al-qur’an, khatam al-qur’an, tahfidz qur’an juz 30-juz 1, berakhlaqul kharimah, mandiri, hafal tahlil. 2) Implementasi Manajemen Kesiswaan dengan melaksanakan program-program yang telah dirancang yang wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa, pemberian bimbingan tentang materi-materi yang akan di sampaikan dan menjalin komunikasi intensif dengan koordinator kegiatan. 3) Evaluasi dilakukan secara internal yang di tiap-tiap unit dan evaluasi secara menyeluruh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183125 Farid |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:49 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28867 |
Actions (login required)
View Item |