NURUL HUDA, 12207183055 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan”. Ini ditulis oleh Nurul Huda, Nomor Induk Mahasiswa 12207183055, pembimbing Dr.Hj. Indah Khomsiyah M.Pd. Kata kunci : Manajemen, Sarana Prasarana Pembelajaran, Mutu Pembelajaran Skripsi ini menjelaskan tentang manajemen sarana dan prasarana di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan. Keberhasilan progam pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah sarana dan prasarana yang memadai, disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal sekolah akan dapat berjalan dengan lancar apabila sarana dan prasarana pendidikan mendukung seluruh kegiatan sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana proses pengelolaan sarana dan prasarana guna meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan. Sehingga berpengaruhnya pada peningkatan mutu pendidikan sekolah tersebut. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah proses kerja sama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif. Tujuan pengelolaan sarana dan prasarana ini untuk memberikan layanan secara profesional agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan?, (2) Bagaimana pengadaan Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan?, (3) Bagaimana pendayagunaan Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan?. (4) Bagaimana pengawasan Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mangambil latar manajemen sarana dan prasarana dama meningkatkan kualitas pembelajaran di SMAN 1 Durenan. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, waka kurikulum, guru dan peserta didik. pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data mengunakan pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa : (1) perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan itu dilakukan a) Perencanaan langkah awal manajemen yang dilakukan, perencanaan disusun dengan rinci dan disesuaikan dengan kebutuhan, keperluan dan anggaran sekolah b) Pada awal perencanaan dilakukan pendataan sarana dan prasarana yang akan diadakan (2) Pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan itu dilakukan a) Pengadaan disesuaikan dengan perencanaan yang sebelumnya sudah disusun secara rinci b) Pengadaan sarana dan prasarana melalui beberapa alternatif, seperti pembelian, hibah, perbaikan, pembangunan. (3) pendayagunaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan itu dilakukan a) Pendayagunaan sarana dan prasarana itu harus memberikan manfaat agar bisa memberikan dampak yang baik bagi guru maupun peserta didik. b) Dalam pendayagunaan sarana dan prasarana ada personil yang bertugas dalam bidang tersebut agar tidak salah dalam menggunakan sarana dan prasarana. (4) Pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan yaitu a) Pengawasan yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Durenan dilakukan oleh semua pihak sekolah terutama kepala seklah agar kondisi sarpras yang ada semakin terawasi b) Pemanfaatan harus dilakukan secara objektif artinya pengawasan itu harus didasarkan pada bukti-bukti yang ada
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183055 Nurul Huda |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 03:20 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28913 |
Actions (login required)
View Item |