UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTS N 4 TRENGGALEK

DANANG SETIAWAN, 12201183292 (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTS N 4 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Danang Setiawan, 12201183292, upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional untuk membentuk akhlakul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di MTsN 4 Trenggalek, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Mohammad Mohamaad Ja’far As-Shodiq, M.Pd.I Kata Kunci: Guru PAI, Suasana Keagamaan Upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional untuk membentuk akhlakul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di MTsN 4 Trenggalek. Merupakan usaha sadar yang di lakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk meningkatkan kecerdasan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) untuk membentuk akhlakul karimah serta untuk meyakini, memahami dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan membaca Al- Qur’an dan shalat berjama’ah, pengajaran atau pelatihan yang telah di tentukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Karena dengan terbentuknya kecerdasan emosional yang baik serta akhlak akan terbina mental dan jiwa seseorang untuk memiliki hakekat kemanusiaan yang tinggi, dua hal yang harus dicapai dalam pendidikan yaitu mengoptimalkan kecerdasan emosional yang berjalan secara beiringan dengan akhlakul Karimah melalui kegiatan keagamaan. Dalam hal ini mendorong penulis untuk mengkaji tentang upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional untuk membentuk akhlakul karimah siswa melalui kegiatan keagamaan di MTsN 4 Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui Shalat berjama’ah di MtsN 4 Trenggalek? 2. Bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui baca tulis Al-Qur’an di MtsN 4 Trenggalek?3. Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MtsN 4 Trenggalek? Tujuan dari peneliti ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui shalat berjama’ah di MtsN 4 Trenggalek (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui baca tulis Al-Qur’an di MTs N 4 Trenggalek (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MtsN 4 Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Faktor pendukungnya adanya kesamaan visi dikalangan sekolah (Guru dan siswa). Lokasi penliti di MTsN 4 Trenggalek. Sumber data primer dan sekunder. Tekning pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan trituangsi sumber. Hasil penenelitian upaya guru PAI dalam proses membaca Al-Qur’an adalah (1) Membiasakan siswa berangkat tepat waktu. (2) Menjadi penanggung jawab dari kegiatan baca Al-Qur’an (3) Guru ikut serta dalam kegiatan baca Al-Qur’an (4) Sebelum memulai guru memberi contoh terlebih dahulu. (5) Memberikan sanksi bagi siswa yang malas dan terlamabat ketika kegiatan (6) Melatih siswa untuk tanggung jawab terhadap tugas giliran membaca Al-Qur’an dan menjadi imam. (7) Guru memberikan bimbingan membaca Al-Qur’an secara privat di rumah masing- masing guru. (8) Agar terbentuknya sistem pembelajaran yang baik madrasah menjadwalkan dalam membaca Al-Qur’an. Adapun upaya guru PAI dalam proses shalat berjama’ah adalah (a) Menjadi penanggung jawab dari kegiatan shalat berjamaah (azan shalat dzuhur). (b) Guru ikut serta dalam kegiatan shalat berjama’ah. (c) Sebelum memulai guru memberi contoh terlebih dahulu. (c) Memberikan sanksi bagi siswa yang malas dan terlamabat ketika kegiatan. (d) Guru memberikan bimbingan membaca serta proses shalat dhuha dan meberikan nilai sesuai pertimbangan guru. Dalam melakukan proses tersebut membutuhkan pembiasaan dalam membentuk disiplinan peserta disik terutama dalam hal keagamaan melalu kegiatan membaca Al-Qur’an dan Shalat berjama’ah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183292 DANANG SETIAWAN
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:59
Last Modified: 05 Aug 2022 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item