PERSEPSI TOKOH AGAMA DAN TOKOH ADAT TERHADAP MITOS RUMAH SUNDUK SATE (Studi Kasus di Desa Loderesan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

ALIZATUL IKLIMA, 12102183023 (2022) PERSEPSI TOKOH AGAMA DAN TOKOH ADAT TERHADAP MITOS RUMAH SUNDUK SATE (Studi Kasus di Desa Loderesan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

Alizatul Iklima, 12102183023, Persepsi Tokoh Agama Dan Tokoh Adat Terhadap Mitos Rumah Sunduk Sate Serta Relevansinya Terhadap Kehidupan Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Loderesan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2022. Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad VEA, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Nafkah, Tradisi Adat, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya tradisi yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat di Desa Loderesan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yaitu tentang larangan membangun rumah dengan posisi sunduk sate. Posisi rumah sunduk sate adalah rumah yang posisinya terletak di ujung jalan, persis di tengah jalur pertigaan. Akibat mitos, rumah sunduk sate sering dihindari banyak orang yang hendak membangun rumah. Menurut masyarakat setempat apabila membangun rumah dengan posisi sunduk sate maka akan terjadi malapetaka atau musibah didalam rumah tangganya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mitos rumah sunduk sate di Desa Loderesan? 2) Bagaimana Persepsi Tokoh Agama terhadap mitos rumah sunduk sate? 3) Bagaimana Persepsi Tokoh Adat terhadap mitos rumah sunduk sate? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah kondensasi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tradisi Adat Jawa rumah dengan posisi sunduk sate dapat menyebabkan malapetaka dalam rumah tangga, 2) Syariat Islam tidak mengatur mengenai larangan posisi rumah sunduk sate dan tidak melarang adanya rumah sunduk sate selama tidak bertentangan dengan syariat Islam, 3) Tradisi adat di Desa Loderesan masih dilestarikan sampai sekarang, alangkah baiknya menghidari posisi rumah sunduk sate untuk menghindari masalah rumah tangga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Aliran Kepercayaan
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102183023 ALIZATUL IKLIMA
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:38
Last Modified: 05 Aug 2022 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28943

Actions (login required)

View Item View Item