ANALISIS PENGGUNAAN HASHTAG #BIJAKBERPLASTIK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DANONE-AQUA (Analisis Pada Media Sosial Instagram Periode 2021)

TIRANI, 12305183080 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN HASHTAG #BIJAKBERPLASTIK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DANONE-AQUA (Analisis Pada Media Sosial Instagram Periode 2021). [ Skripsi ]

[img] Text
ANALISIS PENGGUNAAN HASHTAG #BIJAKBERPLASTIK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DANONE-AQUA - TIRANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ruang digital mempunyai kemampuan dalam memberikan informasi secara cepat dan tepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hashtag semakin meningkat frekuensi pemakaiannya dalam media sosial termasuk Instagram. Berbagai macam peran hashtag dalam mem-branding dan promosi. Hashtag berperan sebagai jembatan dalam mengenalkan dan mempromosi sehingga memberikan kesan-kesan yang baik kepada publik. Hal ini dimanfaatkan oleh Danone-AQUA dalam menunjukan pertanggungjawaban dan keunikan dari brand mereka lewat hashtag #BijakBerplastik. DanoneAQUA merupakan perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang membawa hidrasi sehat dan peduli terhadap alam. Akan tetapi, kemasan praktis yang semakin banyak di produksi, memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan dan menjadi salah satu faktor penyumbang terbesar sampah plastik yang ada di laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan hashtag #BijakBerplastik dalam membangun brand image Danone-AQUA lewat platform instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis isi (content analysis) yang dilakukan terhadap sepuluh akun Instagram yang menggunakan hashtag #BijakBerplastik dalam unggahannya. Dalam hal ini, caption dan gambar menjadi data yang akan di analisis. Hasil penelitian dijelaskan dengan teori pembentukan brand image menurut Ferinnadewi (2009). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan hashtag #BijakBerplastik yang diterapkan Danone-AQUA cukup efektif dalam membangun dan memperkuat brand image sebagai perusahaan yang memberikan hidrasi sehat disetiap hari dan peduli terhadap lingkungan. Karena fungsi hashtag sendiri dapat membuat produk dan konten media sosial banyak dibaca oleh pengguna Instagram sehingga dapat mendukung strategi pemasaran produk maupun strategi dalam memperkenalkan kebijakan. Kata Kunci: Brand Image, Danone-AQUA, Hashtag #Bijakberplastik, Instagram.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305183080 Tirani
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:09
Last Modified: 02 Aug 2022 01:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28951

Actions (login required)

View Item View Item