KONTRIBUSI BUMDES MASLAHAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Di Desa Tanggulkundung, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung)

MERITA WAHYU PRATAMA, 12402183405 (2022) KONTRIBUSI BUMDES MASLAHAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Di Desa Tanggulkundung, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kontribusi BUMDes Maslahah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat (Studi Di Desa Tanggulkundung, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung)” ini yang ditulis oleh Merita Wahyu Pratama, NIM. 12402183405, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang Dibimbing Oleh Ahmad Syaichoni, M. Sy . Penelitian ini dilatar belakangi oleh dengan adanya BUMDes Maslahah yang dengan tujuan memajukan dan kesejahteraan masyarakat sehingga dengan berdirinya lembaga ini memfokuskan pada unit simpan pinjam terhadap masyarakat. Dengan adanya peran BUMDes Maslahah dalam penggelolahan potensi yang ada dapat meningkatkan kesejahteraan desa agar lebih baik. Ini sangat membantu usaha kecil masyarakat sekitar yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Tidak hanya dari segi kontribusi melainkan dari jumlah penduduk yang cukup begitu banyak. Ada beberapa SDA yang melimpah seperti: UMKM, lahan pertanian, hewan ternak, usaha simpan pinjam, dll. Yang dikelolah untuk meningkatakan PAD untuk kesejahteraan ekonomi. Ada beberapa unit yang mengalami kendala seperti kredit macet tapi unit ini masih berjalan hingga sekarang. Kemudian membuat inovasi baru lagi dengan muncul unit usaha pakan ternak dan ATK serta fotocopy, SPBU dan Rest Area yang akan masuk dalam BUMDes Maslahah. Penelitian ini dilakukan dengan mengfokuskan pada 1.) Upaya BUMDes Maslahah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, 2.) Hasil BUMDes Maslahah dalam meningkatkan kesejahteran ekonomi desa Tanggulkundung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif berguna untuk mengambarkan mengenai objek penelitian. Data yang akan digunakankan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Dan penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan Ketua BUMDes, Kepala Desa selaku penasehat, Anggota BUMDes, hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dan dokumentasi. Dalam mengecek keabsahan data, dilakukan dengan triagulasi sumber dan teknik untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat dan benar. Hasil penelitian ini yang menunjukan bahwa dalam BUMDes Maslahah Desa Tanggulkundung. 1.) Untuk upaya BUMDes Maslahah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Tanggulkundung adalah pengelolahan sarana pasar atau perdagangan, penambahan modal, pemanfaatan lahan kosong, adanya pelatihan, 2.) Untuk hasilnya BUMDes Maslahah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa adalah pakan ternak, simpan pinjam, SPBU dan Rest Area, ATK dan fotocopy, penyewaan molen dan traktor, UMKM seperti kripik, anyaman, penjahit. Kata Kunci: BUMDes, Kesejahteraan Ekonomi, Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402183405 MERITA WAHYU PRATAMA
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:08
Last Modified: 08 Aug 2022 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28966

Actions (login required)

View Item View Item