ZULFAH ALMAHMUDAH, 12208183013 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dimana beberapa sekolah di Indonesia banyak yang memiliki keterbatasan dalam pengadaan alat-alat laboratorium konvensional, akibatnya proses perkembangan siswa menjadi terhambat, terutama dalam aspek kognitif siswa, padahal aspek tersebut harus berkembang dengan baik untuk mempersiapkan masa depan siswa. Saat ini, kemajuan teknologi yang merambah ke dunia pendidikan telah memberikan banyak sekali kemudahan yang bisa dirasakan oleh guru maupun siswa. Penggunaan virtual laboratorium merupakan salah satu alternatif solusi bagi sekolah yang memiliki keterbatasan dalam pengadaan laboratorium biologi konvensional tetapi memiliki kelebihan dalam penggunaan komputer. Penggunaan virtual laboratorium ini dinilai lebih efektif karena lebih fleksibel pada waktu dan tempat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan virtual laboratorium terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan virtual laboratorium terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan virtual laboratorium terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen, menggunakan bentuk desain penelitian Non equivalent Control Group Design, sampel dipilih mengunakan teknik purposive sampling, dan proses pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest sedangkan instrumen non tes berupa angket motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tidak terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan virtual laboratorium terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung , dibuktikan oleh hasil uji independent t-test dengan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,289 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan virtual laboratorium terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung , dibuktikan oleh hasil uji independent t-test dengan nilai sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan virtual laboratorium terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung , dibuktikan oleh hasil uji manova dengan nilai sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Biologi > Tumbuhan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183013 ZULFAH ALMAHMUDAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 08:04 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 08:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28973 |
Actions (login required)
View Item |