BUNGA WULANDARI, 12405183373 (2022) PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus pada Sabar Coffee and Go di Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Media Sosial Instagram sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Kasus pada Sabar Coffee and Go di Tulungagung)” ini ditulis oleh Bunga Wulandari, NIM. 12405183373, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Instagram merupakan sarana komunikasi yang mampu menghubungkan penggunanya yang berada di belahan dunia manapun. Dewasa ini, Instagram mulai dimanfaatkan oleh pemasar sebagai media komunikasi pemasaran. Sabar Coffee and Go memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran utama dalam rangka menghadapi persaingan bisnis coffee shop yang semakin sengit di Tulungagung. Agar mampu menarik perhatian target konsumen, Sabar Coffee and Go menyusun strategi komunikasi pemasaran dalam bentuk bauran komunikasi pemasaran dengan memperhatikan prinsip syariah untuk mencapai keberkahan atas usahanya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram pada Sabar Coffee and Go? (2) Bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram pada Sabar Coffee and Go jika ditinjau dari perspektif manajemen bisnis syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Sabar Coffee and Go melalui Instagram yaitu a) periklanan, melalui Instagram Ads, endorsement, dan paid promote, b) penjualan personal, penggunaan gimmick tenang-kuasai dan sistem retail selling, c) promosi penjualan, melalui pengadaan diskon, kemasan harga khusus atau paket harga, dan promosi gabungan dengan tipe penjualan manipulasi harga, produk gratis, dan promosi amal, d) hubungan masyarakat, melalui pengadaan acara, pemberian sponsor, berita, dan media identitas. (2) Dalam perspektif manajemen bisnis syariah, penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram Sabar Coffee and Go telah memenuhi kriteria komunikasi pemasaran syariah yaitu kebenaran informasi, keakuratan informasi, kesetaraan ras, dan golongan, dan kewajaran. Kata Kunci : Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran, Manajemen Bisnis Syariah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183373 BUNGA WULANDARI |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28989 |
Actions (login required)
View Item |