PRAKTIK PENGASUHAN ANAK DI MASA PANDEMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQIH HADHANAH (Studi Kasus Di Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung)

JELI ANGGRAENI, 12102183010 (2022) PRAKTIK PENGASUHAN ANAK DI MASA PANDEMI DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQIH HADHANAH (Studi Kasus Di Desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Praktik Pengasuhan Anak Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Perspektif Fiqih Hadhanah (Studi Kasus Di Desa Pinggirsari Kec Ngantru Kab Tulungagung)” yang ditulis oleh Jeli Anggraeni, NIM 12102183010. Dibimbing oleh Dr. Zulfatun Ni’mah, S.H.I.,M.Hum. NIP. 197912172008012013. Kata Kunci: Pengasuhan Anak, Masa Pandemi, Fiqih Hadhanah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tanggung jawab orang tua untuk mengawasi, memberi pelayanan yang semestinya serta mencukupi kebutuhan hidup seorang anak, dan tanggung jawab yang berupa pengawasan dan pelayanan serta pencukupan hidup nafkah tersebut bersifat terus menerus sampai anak itu mencapai batas umur yang legal sebagai orang dewasa yang telah bisa berdiri sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana praktik pengasuhan anak pada masa pandemi di desa Pinggirsari? (2) Bagaimana praktik pengasuhan anak pada masa pandemi di desa Pinggirsari ditinjau dari perspektif fiqih hadhanah? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui praktik pengasuhan anak dimasa pandemic di desa Pinggirsari. (2) Untuk mengetahui praktik pengasuhan anak dimasa pandemic di desa Pinggirsari perspektif fiqih hadhanah. Jenis penelitian ini merupakan Kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, sumber data dalam penelitian ini adalah para orang tua siswa di desa Pinggirsari Ngantru Tulungagung. Teknis Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Praktik Pengasuhan Anak pada Masa Pandemi di Desa Pinggirsari adalah dengan cara orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk berperan mendampingi anaknya dalam pembelajaran online di rumah. Orang tua berperan sebagai fasilitator yaitu memberikan fasilitas atau kebutuhan dalam pembelajaran online tersebut. Orang tua juga bisa berperan sebagai motivator, yaitu orang tua menyebabkan timbulnya motivasi pada anak untuk melakukan sesuatu. Orang tua memberikan dukungan kepada anak dengan memberikan motivasi agar anak tetap mau dan aktif dalam pembelajaran online. (2) Praktik Pengasuhan Anak pada Masa Pandemi di Desa Pinggirsari ditinjau dari Perspektif Fiqih Hadhanah telah memenuhi kriteria yang terdapat dalam fiqh hadhanah mulai dari mendidik, mengajarkan al-qur’an sejak dini, memerintahkan sholat, mengajarkan puasa, mencukupi kebutuhan, menjaga kesehatan, bersikap adil, serta memberi hukuman pada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102183010 JELI ANGGRAENI
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:14
Last Modified: 08 Aug 2022 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item